berita_262411_800x600_bmx_latihanBANYUWANGI, TODAY – Ra­tusan pebalap yang akan ber­laga pada ajang International BMX Competition sudah tiba di Banyuwangi. Di akhir pekan ini mereka akan bertarung mem­perebutkan status terbaik.

International BMX Com­petition merupakan rangkaian agenda Banyuwangi Festival (B-Fest) 2016 dan sudah masuk dalam kalender Persatuan Bal­ap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI).

Digelar pada 2-3 April men­datang, event ini akan diikuti oleh 328 peserta dari dalam dan manca negara. Beberapa negara peserta di antaranya adalah Swiss, Malaysia, Thai­land, Timor Leste, Denmark, Australia, dan Jepang.

Beberapa pebalap top yang berpartisipasi, di antaranya adalah Jimmy Therkelsen (Den­mark) dan Takamasa Sampei ( Jepang). Keduanya, plus tim asal Malaysia, bahkan telah seminggu berada di Banyuwan­gi untuk berlatih di lintasan Sirkuit Muncar.

“Sirkuit BMX di Muncar ini punya banyak obstacle yg menantang dan cukup sulit,” ujar Takamasa Sampei yang akan turun di kategori Man Elite ini.

Selama beberapa hari di Banyuwangi, Takamasa setiap hari menjajal lintasan di Sirkuit Muncar ini. Dia berlatih ditemani 3 atlet pelatnas BMX Indonesia yakni Elga Kharisma Novanda, Tony Syarifudin, dan Rio Akbar.

“Kami latihan bareng terus, termasuk dengan Takamasa Sampei, Rio Akbar dan Elga Kharisma. Dengan berlatih ber­sama, kami jadi bisa mengukur kemampuan lawan,” ujar Tony Syarifudin, atlet timnas Indo­nesia asal Solo.

Beberapa atlet ada yang baru datang hari dan langsung menjalani latihan. Termasuk Jimmy Therkelsen, pembalap pro BMX asal Denmark.

“Dia datang semalam ber­sama manajernya. Rencananya siang ini akan mulai latihan. Yherkelsen ini bagi para pem­balap asing yang turut berlaga di sini dianggap sebagai rival terberat mereka,” ujar Dadang Haries Purnomo, race director kejuaraan internasional ini.

Untuk pebalap-pebalap Indonesia, ajang ini meru­pakan kesempatan emasuntuk mengejar poin tambahan agar bisa lolos ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

“Timnas yang turun di kom­petisi ini memang atlet pelat­nas yang dipersiapkan untuk mengikuti Olimpiade. Kesem­patan bagi mereka untuk me­nambah poin,” ujar Dadang.

Elga dan Toni menjadi dua atlet BMX yang diharapkan bisa lolos Olimpiade 2016. Di level atlet elite putri dunia, Elga saat ini masih berada di peringkat 37, sedangkan Toni berada di urutan 78.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================