Untitled-12Kepala SDN Panara­gan Kidul Hj Yusri Netty S.Pd tampak sumringah ketika Tim Bogor Hejo dan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono datang ke se­kolah yang dipimpinnya. ‘’Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami dipilih sebagai lokasi penanaman pohon oleh Bogor Hejo dari koran Bogor Today,’’ katanya, Rabu (20/4/2016).

RICKY ISKANDAR
[email protected]

Tim Bogor Hejo—Tato Mar­sito, Ricky Iskandar—dan Heri Cahyono memang datang ke SDN Panaragan Kidul untuk melakukan penanaman pohon buah-buahan dan melakukan edukasi tentang aneka jenis pohon serta manfaatnya bagi kehidupan umat manusia.

Hadir pula pada kesem­patan ini Ketua Komite SDN Panaragan Kidul Sri Rahmawa­ti, para guru yang hampir se­muanya wanita, serta puluhan murid. ‘’Kami sangat men­dukung program penanaman pohon setiap hari yang dilaku­kan Bogor Hejo,’’ kata Yusri.

Sebelumnya, Yusri Netty beberapa kali menghubungi Pemimpin Redaksi SKH Bo­gor Today Alfian Mujani dan meminta agar SDN Panaragan Kidul dijadikan salah satu loka­si penanaman pohon dalam program Gerakan Bogor Hejo. Permintaan Yusri ini kemudian dijadwalkan dan baru bisa di­laksakan Rabu kemarin.

Baca Juga :  BMKG Prediksi Bogor Akan Dilanda Cuaca Ekstrem Selama Sepekan Kedepan

Yusri berharap, dengan di­lakukan penanaman pohon buah-buahan oleh Tim Bogor Hejo, akan menjadi motivasi bagi SDN Panaragan Kidul dalam men­ciptakan lingkungan sekolah yang hijau, sejuk, indah, dan bersih. ‘’Selain itu, kegiatan menanam pohon ini merupakan pembela­jaran bagi para murid,’’ katanya.

Heri Cahyono yang juga sar­jana kehutanan IPB berkesem­patan memberikan edukasi mengenai pohon. Dia menje­laskan aneka jenis pohon buah yang akan ditanam di SDN Panaragan Kidul, juga mengu­raikan berbagai manfaat dari kegiatan menanam pohon.

Menurut Heri, selain meng­hijaukan kembali lingkungan, penananam pohon buah-bua­han di sekolah akan memberi­kan manfaat lain yang juga san­gat penting, yaitu menghasilkan buah. ‘’Buah-buah yang dihasil­kan nanti sangat penting bagi kesehatan kita,’’ katanya.

Baca Juga :  Perumda Tirta Pakuan Tegaskan Tidak Ada Kenaikan Tarif

Selain melakukan edukasi pohon, Heri juga menggelar kuis sebagai salah satu metode edukasi yang biasa dgunakan Bogor Hejo untuk merangsang para murid dalam mengingat kembali nama-nama pohon buah serta aneka macam man­faat dari pohon.

Untuk kali ini ada sembilan hadiah yang dibagikan kepada anak-anak yang mampu men­jawab pertanyaan Heri. Lima hadiah merupakan alat-alat sekolah sumbangan dari Linda Kristanti Nussy SH (Bank BRI Dewi Sartika) dan Bank BTN, serta 4 kantung beras ukuran 2,5 kilogram sumbangan dari Heri Cahyono.

Para murid dan guru tam­pak antusias mengikut edukasi pohon. Mereka berlomba men­jawab setiap pertanyaan yang diajukan Heri. (*)