DSC_0133Bagi orang awam, saat mendengar tempat ini mungkin membayangkan hanyalah game online yang memakai komputer, tetapi pada saat masuk ke ruang permainan Survival Escape merasa seperti ke rumah hantu namun tidak seram. Hanya saja terdapat banyak rintangan di dalamnya.

Hesti Amelia
([email protected])

Lebih tepatnya, per­mainan ini didesain untuk membawa Anda kedalam dunia yang berbeda. Ko­munikasi, kemampuan otak, kreatifitas ketelitian untuk men­gobservasi, dan kerjasama antar tim adalah bagian dari permain­an ini. “Permainan 90 persen asah otak dan 10 persen fisik,” ungkap Yogi, pemilik Survival Escape Game kepada Bogor Today.

Tujuan dari game ini adalah untuk keluar dari ru­angan bertema tertentu hanya dalam waktu 45 menit dengan cara mencari petunjuk-petun­juk, memecahkan teka-teki, melihat gambar atau lukisan, mencari kunci, dan kombinasi untuk gembok dengan kode. Jika Anda bisa menyelesaikan semua rintangan dengan baik maka Anda dapat keluar seb­agai pemenang.

Survival Escape Game yang beralamat di Jalan Ach­mad Adnawijaya Nomor 106 C (Pandu Raya), Bogor. memiliki empat tema sep­erti dont open dead inside, the secret service, can you save us, dan call the dragon, Anda bisa bermain dengan harga tiket satu permainan dan satu orang Rp 55.000-Rp 60.000 untuk enam sampai delapan orang.

Jika Anda bermain berdua saja satu tiketnya di kenakan Rp 70.000-Rp 90.000 di hari week­days. Ketika hari weekend Survival Escape Game harganya hanya naik Rp 10.000 saja. Jam operasional Survival Escape Game setiap hari Senin Sampai Kamis pukul 10.00- 21.00 WIB, Jumat 10.00-18.00 WIB, Sabtu 18.00-22.00 WIB, Minggu 10.00-22.00 WIB.

Sinopsisnya permainan den­gan tema dont open death inside yang terletak di lantai satu yaitu dalam 1 grup sudah terkenea virus, kemudian di karantina. Di borgol lalu di penjara, tiba tiba di dalam itu semuanya ada yang mati ada yang kabur, dan akhirnya semuan­ya kosong, karena di dalam ter­dapat zombie.

Untuk lantai dua bertema the secret service, yang diceritakan sebagai anggota FBI memerlukan kekompakan tim, dan di sini ada tantangan. Jadi ada satu sandra pake rompi bom. Anda harus se­lamatakan teman yang disandra tanpa si bom itu meledak, dan ka­lian bisa melarikan diri dengan se­lamat. “Di lantai tiga terdapat dua tema, ada yang cari harta karun, dan menyelamatkan avenger,” kata Yogi.

“Akan ada konsep baru di bu­lan Mei dengan season 2 di tema secret service dan dont open dead. Yang pasti akan lebih menantang dari season 1. Jadi buat yang be­lum merasakan dan mengetahui asiknya season 1 buruan datang ke Survival Escape Game, ” lanjutnya.

Menurut Arief Surya Prayogi yang akrab disapa Yogi ini men­gatakan, Survival Escape Game didirikan sejak 26 Januari 2016, modal awal untuk membuka usaha ini sekitar Rp. 500 juta untuk sewa ruko, desain, dan properti. “Omset yang didapat tiap bulannya kurang lebih 100 pengunjung,” terang Yogi.

Dalam menjalankan bisnis ini Yogi mengaku terdapat kendala, yaitu didalam bidang hiburan ini tidak dapat menyajikan suatu hal yang sama secara terus menerus, karena akan menimbulkan rasa bosan bagi penikmat escape game. Maka dari itu setiap beberapa peri­ode Survival Escape Game akan mengganti tema dan cerita serta cara bermain.

“Bisnis ini tidak seperti orang jualan makanan yang bisa jualan menu makanan sama secara terus menerus. Karena orang akan men­jadi bosan. Jadi harus selalu ada inovasi. Itu menjadi tantangan tersendiri dalam menjadi creator,” tandas Yogi. (*)

============================================================
============================================================
============================================================