alfian mujani 240Alfian Mujani

BERBAGI (sharing) adalah pemakaian secara bersama atas sumber daya atau ruang. Dalam konteks kehidupan so­sial, berbagi berarti memberi atau men­erima sesuatu dari ba­rang, cerita, kisah, uang, makanan, dan segala hal yang penting bagi hidup kita. Berbagi juga bisa kepada sesama, alam, dan segala hal yang ada di bumi ini.

Manusia adalah makhluk sosial. Jadi ma­nusia saling membutuhkan satu sama lain. Kita membutuhkan orang lain, dan orang lain membutuhkan kita. Karena saling membutuh­kan satu sama lain, maka kita harus berbagi. Berbagi kepada sesama sangat penting, ka­rena tanpa berbagi kita kehilang arah dan jati diri mahluk sosial.

Agama memberi panduan yang sangat je­las, bagaimana kita harus berbagi. Islam, mis­alnya, memiliki konsep sedekah (sodaqoh). Kristen memiliki konsep menabur. Begitu pentingnya sedekah, karena sedekah bisa mencegah kita dari malapetaka. ‘’Berbagilah agar kita terhindar dari bahaya.’’ Jika kita ber­bagi (sedekah) dengan tulus dan ikhlas, maka kita akan mendapat pahala tunai di dunia, yakni perasaan bahagia. Tak percaya? Silakan coba..!

============================================================
============================================================
============================================================