Untitled-11Any Suryani tak bisa menyembunyi­kan kegembiraan­nya ketika Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono dan Tim Bohor Hejo mengunjungi SDN Pamoyanan 3. Any bersama para guru tampak sibuk dan antusias menyiapakan anak didiknya.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

‘’Kami ingin memberikan pemnelajaran sejak dini ten­tang lingkungan hidup kepada anak-anak. Itu sebabnya, kegia­tan menanam pohon bersama Bogor Hejo hari ini merupakan hal yang sangat penting bagi pendidikan anak-anak kami,’’ kata Kepala SDN Pamoyanan 3 Any Suryani, Kamis (21/4/2016).

Heri Cahyono tampak merasa kagum melihat Kepala SDN Pamoyanan 3 ini. Menu­rut Heri, perjuangan emansi­pasi Kartini telah melahirkan pemikiran dan banyak tokoh perempuan masa kini. ‘’Di SDN Pamoyanan 3 ini selain kepala sekolahnya wanita, juga sebagian besar gurunya kaum hawa,’’ katanya.

Realitas ini, menurut Heri, menunjukkan bahwa kaum wanita di Indonesia sudah melompat jauh ke depan dan berdiri lebih maju dibanding­kan kaum pria. ‘’Di sekolah ini hanya dua atau tiga saja guru pria, selebihnya guru wanita,’’ katanya.

Heri juga berharap dengan lebih banyaknya guru wanita, sekolah ini memberikan per­hatian yang lebih terhadap masalah-masalah lingkungan dan masalah kesehatan. ‘’Para guru perempuan biasanya leb­ih teliti dan sabar dalam mem­berikan pemahaman mengenai lingkungan terhadap anak did­ik,’’ katanya.

Sarjana Fakultas Kehutana IPB ini juga berkesempatan melakukan edukasi pohon ter­hadap para murid SDN Pamoy­anan 3 yang sudah berkumpul sejak pagi di lapangan. Heri juga memberikan kuis pohon berhadiah aneka pelaratan se­kolah sumbangan dari Linda Kristati Nussy (BRI Dewi Sar­tika), gudibag dari Bank BTN, dan beras dari Heri Cahyono.

Jumlah pohon yang ditan­am tak terlalu banyak, hanya tujuh pohon buah-buahan seperti nangka, semangka, al­puket, dan durian. Hadir dari Tim Bogor Hejo Tato Marsito dan Ricky Iskandar. (*)