BOGOR TODAY – Walikota Bogor, Bima Arya, berhasil menerima penghargaan sebagai pejabat pemerintah yang mendorong pemanfaatan teknologi dan inovasi IT. Penghargaan diberikan pada malam Indonesia My Home Award 2016 di Puri Ratna Ballroom, Grand Sahid Jaya Jakarta, pada Rabu (20/4) malam.

Menurut Irwan Wiranata, Ketua Dewan Juri Indonesia My Home Award 2016, Bima terpilih karena rekam jejak dan kiprah Bogor yang terus mengembangkan smart city untuk mempermudah pelayanan publik. “Semoga penghargaan menjadi trigger bagi kepala daerah lain untuk mengikuti langkahnya,” ujar Irwan.

Selepar menerima penghargaan, Bima dalam sambutannya mengatakan,”Penerapan teknologi adalah sebuah keniscayaan untuk mempermudah pelayanan publik di kota Bogor di tengah tantangan yang tidak mudah.”

Baca Juga :  Terbengkalai Karena Pandemi, Gedung Lembaga Bahasa Asing Jadi Sasaran Pencuri

Ia juga merincikan tantangan tersebut di antaranya jumlah penduduk yang sudah mencapai satu juta padahal Bogor awalnya didesain hanya untuk sekitar 200 ribu penduduk, jumlah commuter, atau kepadatan Bogor yang meningkat saat weekend. “Dan terima kasih kepada kepada seluruh dewan juri dan majalah My Home yang telah memberikan penghargaan ini,” ujarnya.

Tak hanya Bima yang mendapatkan penghargaan tersebut. Ada tiga tokoh lain juga yang menerima penghargaan serupa, yakni Andrea Hirata, penulis buku Laskar Pelangi sebagai tokoh pendorong kebangkitan pariwisata daerah melalui karya tulis; Prof. Djwantoro Hardjito, guru besar Universitas Petra Surabaya sebagai penemu rekayasa teknologi eks lumpur Lapindo menjadi produk bahan bangunan alternatif; dan Joseph Purnama, Engineering Manager, UBPE Pongkor PT. Antam, penemu rekayasa teknologi pemanfaatan limbah emas menjadi produk bangan bangunan.

Baca Juga :  Merekam Jejak Ciliwung Bersama Bogor Sketcher

Indonesia My Home Award 2016 sendiri adalah ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan majalah My Home untuk mengapresiasi berbagai design perumahan dan apartemen, dan kualitas bahan bangunan. Selain itu, setiap tahunnya Indonesia My Home Award 2016 selalu memberikan penghargaan khusus kepada tokoh-tokoh yang dianggap memberikan kontribusi penting terhadap masyarakat. Tercacat Walikota Bandung, Ridwan Kamil; dan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ketika menjabat Walikota Solo, pernah mendapat penghargaan ini.

(Abdul Kadir Basalamah|Yuska)