BRIJAKARTA, Today – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MoU) dengan JCB International Co., Ltd. untuk Project Kick off BRI–JCB Credit Card Issuing.

Penandatanganan kerja sama di­lakukan oleh Direktur Utama BRI, As­mawi Syam, dan CEO JCB, Ichiro Ha­makawa, di Kantor Pusat JCB, Tokyo, Jepang.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Donsuwan Simatupang (Managing Director BRI) dan Mohammad Helmi (General Manager Credit Card) dari pihak BRI serta dari pihak JCB dihad­iri oleh Kimihisa Imada (Deputy Presi­dent), Hiroshi Tareda (Executive Vice President), Fumihiko Mitsouka (Senior VIce President), Yuichiro Kadowaki (President Director JCB Indonesia).

Kerja sama ini dilakukan dalam rangka mendorong peningkatan hubungan bisnis antara kedua intitusi kedua negara (Indonesia & Jepang), serta peningkatan pariwisata di Indo­nesia melalui layanan transaksi per­bankan.

Baca Juga :  Ratusan Pengusaha Kafe dan Restoran Bakal Kibarkan Bendera Putih

Selain itu dengan kerjasama ini diharapkan bisa menambah basis na­sabah baru serta meningkatkan pelay­anan kepada nasabah melalui seluruh transaksi e-channel BRI.

“Kami menjalin kerja sama dengan JCB, karena JCB merupakan salah satu merek pem­bayaran global, serta penerbit kartu kredit dan acquirer terke­muka di dunia. Saat ini jaringan penerimaan JCB mencakup sekitar 29 juta merchant dan lebih dari 1 juta lokasi ATM penerimaan untuk penarikan uang (cash advance) di sekitar 190 negara dan wilayah,” tu­tur Asmawi dalam siaran pers, Kamis (7/4/2016).

Baca Juga :  Ganjil Genap Dihari Kerja Dinilai Ganggu Aktivitas Warga

Secara resmi kartu berlogo JCB sudah dapat digunakan untuk ber­transaksi di lebih dari 156 ribu Electronic Data Cap­ture (EDC) BRI, setelah sebelumnya dapat digunakan untuk bertransaksi di lebih dari 21 ribu Auto­matic Teller Machine (ATM) BRI.

“Ditargetkan juga di tahun 2016 ini, Bank BRI akan menerbitkan Kartu Kredit dengan JCB sebagai principal,” imbuh Asmawi.

Pada kesempatan tersebut, juga diperkenalkan teknologi biometric palm vein yang akan diimplementa­sikan pada kartu yang akan dikeluar­kan oleh BRI untuk meningkatkan ke­amanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

Sebagaimana diketahui, teknolo­gi biometric palm vein merupakan teknologi terkini yang berbasis identi­fikasi pada bagian tubuh tertentu dari si pengguna kartu.

(Winda/dtc)