HL-foto-kozer-(1)SEJAK bergulirnya penerapan uji coba Sistem Satu Arah (SSA) searah jarum jam di seputar Kebun Raya Bogor (KRB) awal April lalu, hari tanpa kendaraan bermotor (Car Free Day) di Jalan Jalak Harupat, Sempur, Bogor Tengah, ditiadakan. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah merencanakan untuk memindahkan lokasi CFD.

Oleh : ABDUL KADIR BASALAMAH
[email protected]

Walikota Bo­gor, Bima Arya Sug­iarto me­nuturkan, rencananya lokasi Car Fee Day (CFD) ini direncanakan akan digeser ke Jalan Salak atau Jalan Jenderal Sudirman, yang masih kawasan Bogor Tengah.

“Dalam beberapa hari ini masih terus kita kaji untuk kita putuskan. Karena CFD ini ha­rus tetap ada dan minggu ini kita akan coba simulasikan,” papar Bima, Rabu (13/4/2016).

Selain itu, guna mengurangi beban volume kendaraan yang melintas di jalan seputar KRB khu­susnya di Jalan Otista jelang jem­batan, Dinas Lalu Lintas dan An­gkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor akan kembali membuka putaran jalan di Tugu Kujang, sehingga bagi kendaraan yang datang dari arah Terminal Baranangsiang, kini dapat berbalik arah.

BACA JUGA :  Wajib Cobain Ini! Resep Nasi Goreng Cumi ala Thai yang Gurih dan Sedap Bikin Nagih

Kepala Seksi (Kasi) Manaje­men dan Rekayasa Lalu Lintas DLLAJ Dodi Wahyudin menjelas­kan, dibukanya kembali putaran jalan itu juga sekaligus untuk mengurai antrian kendaraan dan memperlancar arus lalu lin­tas di jalur SSA seputar KRB.

“Ini masih dalam tahap uji coba, dan dibukanya putaran di sini seb­agai upaya kita untuk mengurangi beban kendaraan yang melintas di jalan seputar KRB,” jelas Dodi saat ditemui pada pembukaan putaran jalan di Tugu Kujang,.

Namun demikian, pihaknya masih akan terus melakukan monitoring dan melihat hasil evaluasi dari dibukanya kembali putaran arah di Tugu Kujang itu. ”Kita akan lihat dulu hasilnya seperti apa dari dibukanya lagi putaran di sini, kita akan pantau terus dan nanti kita lihat hasil eval­uasinya seperti apa,” papar Dodi.

BACA JUGA :  Kerutan di Kulit Bisa Diatasi dengan Rutin Konsumsi Makanan Ini

Dengan dibukanya kembali putaran arah tersebut, kini armada bus Damri, angkot 21 jurusan Baranangsiang-Ciawi dan kendaraan pengunjung Mall Botani Square tak perlu lagi memutar jauh ke jalur SSA. Ini tentunya akan men­gurangi beban kendaraan di seputar jalan KRB.

Masa penerapan uji coba SSA sendiri yang semula hanya 4 hari hingga 4 April 2016, oleh Pemkot Bogor diperpanjang hingga 18 April 2016 nanti. Langkah ini diambil untuk me­lihat sampai sejauh mana hasil evaluasi dengan batas waktu yang lebih lama. Selama per­panjangan masa uji coba ini juga dilakukan berbagai perbai­kan dan kelengkapan sejumlah fasilitas penunjang lainnya.

============================================================
============================================================
============================================================