Untitled-15Juara bertahan Lewis Hamilton menguasai sesi latihan bebas kedua GP Rusia. Sementara itu, posisi pebalap andalan Indonesia, Rio Haryanto membaik jika dibandingkan latihan sebelumnya. Rio menempuh catatan waktu terbaiknya.

(Yuska Apitya)

RIO berada di posisi ke-20 dalam sesi kedua ini dengan catatan waktu 1 menit 41,080 detik. Posisi ini lebih baik satu tingkat dibandingkan posisin­ya di latihan pertama. Posisi Rio juga lebih baik daripada rekan setimnya di Manor Rac­ing, Pascal Wehrlein. Weh­rlein berada di posisi ke-21 dengan catatan waktu 1 me­nit 41,148 detik.

Mobil MRT05 milik Rio sempat mengalami masalah, meski tidak diketahui secara pasti kerusakan apa yang dial­ami jet darat pembalap berusia 23 tahun ini. Namun, mobil Rio di­pastikan dapat tampil di free practice kedua yang dilangsungkan mulai pukul 18.00 WIB. Manor mengapresiasi kinerja tim mekanik yang bekerja dengan cepat mem­perbaiki mobil mantan pem­balap GP2 tersebut.

“Rio siap melompat kem­bali ke dalam mobil. Para kru telah bekerja keras memaksi­malkan waktu tersisa. Rio siap. Setiap lap berarti penting. Pe­kerjaan bagus tim kru,” kicau akun Twitter @ManorRacing, Jumat (29/4/2016).

Pada FP1 yang sudah berlangsung, duo Mercedes yakni Nico Rosberg dan Lewis Hamilton duduk di posisi dua terdepan. Rosberg mencatat waktu terbaik 1 menit 38,127 detik, sementara The Boss –ju­lukan Hamilton–meraih 1 me­nit 38,849 detik. Sedangkan Rio duduk di posisi ke-21 dari 22 pembalap dengan catatan waktu 1 menit 42.687detik.

BACA JUGA :  Agar Rambut Sehat, Konsumsi Racikan Minuman Detoks Ini Secara Rutin

Rio mencatatkan waktu putaran (lap time) yang menin­gkat cukup tajam ketimbang sesi latihan (free practice/FP) pertama GP Rusia. Di sesi latihan kedua di Sirkuit Sochi, Jumat (29/4/2016) sore waktu setempat ini, Rio mencatatkan waktu terbaik 1 menit 41,080 detik. Sementara diketahui pada sesi sebelumnya, Rio han­ya mencatatkan waktu 1 menit 42,687 detik (berselisih sekitar 1,6 detik). Hasil ini membuat Rio menduduki urutan ke-20 waktu tercepat dalam sesi ked­ua ini, atau naik satu peringkat dibanding sesi sebelumnya. Sementara itu rekan satu tim­nya, Pascal Wehrlein (Jerman) yang mencatatkan waktu 1 me­nit 41,148 detik, gantian berada pada posisi ke-21.

Di posisi terakhir pada sesi ini adalah Marcus Ericsson (Swedia) dari tim Sauber, yang mencatatkan waktu 1 menit 41,652 detik. Sementara para pebalap lainnya yang berada di posisi atas daftar catatan waktu, pada umumnya juga memiliki catatan waktu yang membaik di sesi ini.

Lewis Hamilton dari tim Mer­cedes mencatatkan waktu ter­baik pada sesi ini dengan 1 menit 37,583 detik. Catatannya unggul cukup tajam dibanding Sebastian Vettel (Ferrari) yang ada di posisi kedua, yang kali ini mencatatkan waktu 1 menit 38,235 detik.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Lansia Terlungkap Gegerkan Warga Kota Padang

Sementara itu rekan satu tim Hamilton, Nico Rosberg, yang di sesi perdana menjadi yang ter­cepat, kali ini hanya berada di urutan ketiga. Jika sebelumnya Rosberg mampu mencatat 1 me­nit 38,127 detik, di sesi kedua ini dia hanya mencatatkan waktu 1 menit 38,450 detik.

Sesi latihan bebas GP Ru­sia masih akan berlanjut Sabtu (30/4) siang besok, sebelum di­gelar sesi kualifikasi pada sore harinya. Balapan sendiri akan berlangsung Minggu (1/5), pu­kul 15.00 waktu setempat atau sekitar pukul 19.00 WIB.

Dalam sesi latihan di Sochi Autodrom, Jumat (29/4/2016), Hamilton yang melahap 30 lap mencatat waktu tercepat 1 me­nit 37,583 detik. Pebalap Fer­rari, Sebastian Vettel, menem­pati posisi kedua dengan selisih waktu 0,652 detik dari Hamil­ton. Padahal, Vettel hanya mela­hap 10 lap dalam sesi latihan ini karena mobilnya bermasalah.

Niro Rosberg, yang men­jadi pebalap tercepat di sesi pertama, harus puas berada di posisi ketiga. Rosberg men­catat waktu 1 menit 38,450 detik. Di belakang Rosberg ada Kimi Raikkonen, Daniel Ric­ciardo, Valtteri Bottas, Daniil Kvyat, Jenson Button, Felipe Massa, dan Fernando Alonso.

 

============================================================
============================================================
============================================================