Untitled-5BOGOR, Today – Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan In­stitut Pertanian Bogor (IPB), Yonny Koesmary­ono mengatakan IPB siap menjadi tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tahun 2016. Pimnas ke-29 ini akan digelar pada tanggal 7-12 Agustus 2016 men­datang di kampus IPB Darmaga dan diikuti 440 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos Pimnas dari seluruh Indonesia.

“Ini adalah kesempa­tan kedua IPB menjadi tuan rumah. Pertama kali IPB menjadi tuan rumah yakni Pimnas ke-1 tahun 1987. Setelah beberapa puluh tahun, kesem­patan itu hadir lagi,” ujar Yonny.

BACA JUGA :  SBR 'Manifesting The Future', Pamerkan Karya Seni Siswa Penuh Filosofi

Pimnas diselenggarakan setiap tahun dengan tuan rumah ditetapkan perguruan tinggi di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa secara bergantian. Untuk menjadi peserta Pimnas, setiap tim mahasiswa (berang­gotakan 3-5 orang) harus bersaing dengan puluhan ribu tim lain untuk mendapatkan dana kegiatan dan menghasilkan karya ter­baik.

Saat ini Pimnas terbagi dalam beberapa bidang PKM yakni penelitian, kewirausa­haan, pengabdian kepada masyarakat, penerapan teknologi, dan penulisan ilmiah. Selain itu ada juga PKM Artikel Ilmiah dan PKM Gagasan Tertulis.

Di luar 440 tim yang lolos Pimnas, IPB berencana mengundang 20 tim PKM yang mendapatkan pendanaan tapi tidak lolos Pimnas untuk hadir, supaya motivasi mer­eka meningkat.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

“IPB akan menonjolkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dengan mengede­pankan kompetisi yang jujur dan adil. Dari analisis kami, beberapa kompetisi membuat semangat kekeluargaan itu hi­lang. Nah, ini yang ingin kita bangun kare­na budaya scientific itu universal. Satu sama lain itu saling mendukung keilmuan­nya,” ujarnya.

Untuk tingkatkan kebersamaan, akan digelar shalat Subuh berjamaah, olahraga bersama, panggung kreativitas dan seni, so­cial gathering di asrama serta tukar kado kecil antar peserta.

(Latifa Fitria)

============================================================
============================================================
============================================================