bambangsBambang Sudarsono

MAJALAH Forbes telah merilis dere­tan orang terkaya di dunia. Salah satu­nya masih tercatat Bill Gates. Kekayaan yang dimilikinya saat ini berkisar di angka US$ 79,2 miliar. Kalau diru­piahkan bisa sebesar Rp. 1.099,7 trilyun. Sekalipun jumlah itu sangat fantastis, na­mun bila dihitung- hitung kekayaan pemilik Perusahaan Microsoft ini masih ada batasnya. Mengapa “hanya” sebesar itu? Tidak sepu­luh, seratus atau seribu kali lipatnya. Adakah kekayaan yang tidak terbatas?

Bila mengikuti jejak sejarah para tokoh di masa lampau, sebut saja Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Hamka, Pramudya Anantatoer, Nelson Mandela, dan Martin Luther King Jr. Mereka pernah hidup dalam belenggu jeruji besi. Saat itu mereka bukan orang kaya, bahkan uang sepeserpun mungkin tidak punya. Tapi mere­ka tetap berkarya, dengan mengaktualisasikan ide atau gagasan intelektualnya menjadi karya tulis yang bermutu. Mereka terbukti memiliki kekayaan yang tiada batasnya, yakni ide – ide.

Benar sudah, ide-ide yang dimiliki se­orang adalah substansi kekayaan yang tak terbatas. Tidak pernah dapat dibelenggu oleh ruang dan berbagai keadaan tertentu.

============================================================
============================================================
============================================================