500363_620OPERATOR transportasi Sin­gapura SMRT akan bekerja sama dengan perusahaan Be­landa, 2getthere, untuk meng­hadirkan mobil tanpa sopir di jalanan kota Singapura. Mereka mengumumkan se­dang membuat 24 unit mobil tanpa sopir berbentuk pod­dan menjadwalkan untuk men­goperasikannya pada akhir ta­hun. Mereka juga mendirikan perusahaan bersama bernama 2gethere ASIA yang bertu­gas mengoperasikan dan me­melihara kendaraan di sana. Sebagaimana dilansir dari la­man Telegraph, 2gethere menyatakan mobil pod ada­lah kendaraan yang men­gandalkan tenaga listrik, da­pat melakukan perjalanan tanpa sopir, terutama digu­nakan di jalan-jalan kecil, dan landmark buatan untuk navigasi.

Armada mampu membawa hingga 8.000 pe­numpang setiap jam dalam perjalanan ke mana pun. “Sistem (pod) pada dasarnya beroperasi seperti lift hori­zontal,” demikian pernyataan perusahaan, dikutip dari la­man Cnet.com. “Kendaraan akan berhenti di setiap stasiun yang dipilih sebagai tujuan dan stasiun di mana alat trans­portasi itu diminta.” Mobil akan sangat efektif digunakan anggota keluarga yang akan pergi ke sekolah dan bekerja.

Sebuah taman bisnis di Abu Dhabi, Kota Masdar, menggu­nakan mobil pod yang dibuat 2getthere ini sejak 2010. Pe­rusahaan juga telah memban­gun sistem serupa di Taman Bisnis Rotterdam Rivium. Ta­man ini memiliki enam ken­daraan yang masing-masing dapat memuat 20 penump­ang. 2getthere menyatakan mobil pod telah digunakan oleh 2.500 orang setiap hari.

Bagaimana jika sistem Pod masuk ke Indonesia? apakah Masyarakat sudah siap dan SDM Indonesia akan memadai mensupport sistem yang ber­sifat komputerisasi seperti ini, mari kita tunggu dalam bebera­pa tahun kedepan.

(hilman/net)