mannyLOS ANGELES – Manny Pacquiao telah memastikan pensiun usai melakoni duel kontra Timothy Bradley pada 9 April mendatang. Namun, petinju Fili­pina ini membuka peluang turun dalam Olimpiade Rio 2016.

Badan Tinju Amatir Dunia (AIBA) se­belumnya mewacanakan petinju profe­sional untuk bisa berkiprah dalam pesta olahraga multi-event terbesar di dunia itu. Meski begitu, Pacman masih fokus meny­iapkan diri jelang duel melawan Bradley.

Maka itu, dia belum ingin memasti­kan diri ikut Olimpiade. Tapi, saat sesi latihan jelang pertarungan itu, Pacquiao tidak menutup diri jika mendapat ke­sempatan tampil diatas ring dalam ca­bang tinju. “Saya tidak mengatakan iya atau tidak. Tetapi saya tidak menutup kemungkinan itu (tampil di Olimpiade, red). Saya memang sedang memikirkan hal itu, tetapi untuk saat ini kami ha­rus fokus pada pertarungan (melawan Bradley),” kata Pacquiao, dikutip Daily Mail.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Kontra Korea Selatan di 8 Besar Piala Asia U-23

Tak hanya Pacquiao, petinju kelas berat asal Ukraina, Wladimir Klitsch­ko juga ingin tampil di ajang Olimpi­ade. Sebelum memutuskan menjadi petinju profesional, Klitschko pernah memenangkan medali emas di Olimpi­ade Atlanta 1996.

BACA JUGA :  Simak Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024

Presiden AIBA, Ching-Kuo Wu me­nyebut, pihaknya akan mendorong agar tinju profesional bisa tampil di ajang Olimpiade.

Jika wacana tersebut terealisasi, bisa dipastikan nama-nama petinju sekal­iber Manny Pacquiao, Tyson Fury dan Wladimir Klitschko bakal bersaing ta­hun ini di Rio de Janeiro. “Dalam pikiran saya, ini adalah langkah penting dan nyata untuk dunia tinju di Olimpiade,” kata Ching-Kuo Wu.

(Rishad/Net)

============================================================
============================================================
============================================================