hari-kartiniCIBINONG, TODAY – Perin­gatan Hari Kartini yang tahun ini jatuh pada 21 April, dimaknai Bupati Bogor, Nurhayanti bukan hanya untuk melanjutkan eman­sipasi wanita yang diperjuang­kan RA Kartini di masa lalu.

Namun, wanita pertama yang menjabat Bupati Bogor ini ingin menunjukkan peranan perempuan dalam pem­bangunan Indonesia, khususnya di Kabupat­en Bogor. Saat ini, ket­erwakilan perempuan di Bumi Tegar Beriman pun cukup signifi­kan.

Mulai dari kepala daerah atau Bupati Bogor, Nurhay­anti sendiri, ada juga dua wanita yang duduk di kursi Wakil Ketua DPRD. Selain itu, beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pun dipimpin oleh perempuan.

BACA JUGA :  PT Raden Real Lestari Bagikan Bingkisan Untuk Anggota JJB

“Untuk ja­batan eselon II, ada 11 perem­puan yang duduk disana. Terdiri dari dua kepala badan, tiga kepala dinas dan lima dalam bidang kesehatan. Saya mengingink­an, Hari Kartini jadi momentum jika perempuan juga punya per­anan dalam pembangunan yang memiliki integritas dan profe­sional,” katanya.

Menurutnya, ada dua kegiatan inovatif dalam bidang pember­dayaan perempuan yang meli­puti Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat (P2WKSS) serta Pembentukan Kelompok dan Peningkatan Daya Sa­ing Kelompok Perempuan Kepala Keluarga.

BACA JUGA :  Ciptakan Pilkada Damai dan Kondusif, Pj. Bupati Bogor Ikuti Arahan Kemendagri RI Melalui Zoom Meeting

“Untuk meningkatkan pertisipasi, kami melibat­kan kaum perempuan dalam implemen­tasi program kegiatan di la­pangan lewat kader-kader perempuan mulai tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa,” tukasnya.

Misalnya, kata Yanti, kader pro­gram posyandu di lapangan dengan program pembe­rian pemahaman kepada masyara­kat soal penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat. Karena perempuan juga punya peran strategis dalam pemecahan masalah pemerin­tahan pembangunan, kesehatan, pendidikan dan lainnya. Selamat Hari Kartini. Habis Gelap Terbitlah Terang,” pungkas Nurhayanti.

(Rishad Noviansyah)

============================================================
============================================================
============================================================