2016-audi-q7_100502527_mDi tengah ‘hiruk pikuk Mobil’ generasi baru, tampaknya industri mobil Jerman pun telah kembali membuktikan ketrampilannya dengan membesut warisan Teutonik mereka pada Audi SQ7 TDI untuk menggempur mobil-mobil pesaingnya.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

SQ7 terbaru ini mem­fungsikan mesin Diesel Turbo mutakhir 4,0-li­ter yang mampu me­lesatkan mobil hingga kecepa­tan puncak mendekati 250 kmpj. Mobil ini mengusung 2 mesin turbocharge listrik demi meningkatkan performa mesinnya tanpa harus mengu­ras konsumsi bahan bakarnya.

Mesin SQ7 TDI memang mampu menyodorkan perfor­ma dahsyat dengan memadu­kan tenaganya bersama sebuah Turbocharger sehingga ke­mampuannya menjadi berlipat ganda dan mampu meng­hasilkan kekuatan sebesar 430 hp dengan torsi luar biasa sebesar 900 nm. Su­dah rahasia umum bahwa pro­dusen mobil Jerman dan me­sin diesel bukanlah duet yang sempurna, namun pastinya, fakta ini tidak berlaku untuk mesin Audi teranyar BiTDI V8, karena teknologi yang mereka miliki, dan SQ7 memang telah berhasil memamerkan perfor­ma dahsyatnya melalui gardu penggerak tersebut.

Dengan tenaga yang sedemiki­an besar, biasanya kita pun akan sedikit khawatir den­gan level emisi yang dikeluarkan mesin dieselnya. Namun lagi-lagi kekhawatiran ini juga dapat dipatahkan karena Audi juga menyematkan EPC (electric power compressor/kompresi bertenaga listrik) yang mampu mengendalikan putaran turbo­charger ganda, bukan dari gas buangnya.

Hal tersebut tentunya membuat mesin ini mampu menerima kekuatan mumpuni tanpa harus menguras banyak bahan bakar dan menjadikan SQ7 efisien dengan daya tempuh hampir 14 kmpl, yang merupakan sebuah angka luar biasa untuk mesin bertenaga dahsyat. Kendaraan ini mampu melesat dari 0-100 kmpj dalam hanya 4,8 detik dan menobat­kannya sebagai SUV /Sports Utility Vehicle tercepat yang pernah ada.

Industri otomobil Jerman memang telah berada dalam pengawasan ketat akibat kasus menghebohkan ‘Dieselgate’, yang berdampak sangat bu­ruk pada penjualan lokal dan ekspor. Meskipun komplain yang masuk memang keban­yakan terbatas pada mobil diesel bermerek Volkswagen, namun tak dipungkiri bahwa hal tersebut juga telah memo­jokkan indus­tri ini secara k e s e l u r u h a n dan berujung pada kekecewaan yang men­dalam bagi Jerman pada tahun 2015.

Bagaimanapun, nama be­sar Audi AG yang telah me­legenda dalam mempelopori pabrikan otomobil juga tak dapat diabaikan. Audi AG telah secara konsisten mengejutkan dunia dengan kendaraan-kend­araan mewah berperforma tinggi besutan mereka. Dengan SQ7 TDI terbaru, mereka sekali lagi berhasil membuktikan diri kepada dunia bahwa produ­sen mobil Jerman memiliki ke­mampuan yang layak dihargai, dan akan terus berkontribusi dalam teknologi otomobil tan­pa harus mengubris skandal yang menghalangi mereka. (/net)