Untitled-1Mengisi waktu luang sambil menikmati secangkir kopi bersama keluarga atau teman memang sangat menyenangkan. Siapa sangka, kebiasaan ini ternyata juga mampu melahirkan peluang bisnis yang menarik dengan keuntungan ciamik.

Hesti Amelia
([email protected])

Melihat besarnya ani­mo masyarakat ter­hadap aneka jenis minuman kopi, bisnis warung kopi tak per­nah sepi pelanggan, meski berada di tengah gempuran coffee shop yang belakangan ini mulai bermunculan. Tentu ini sebuah peluang bagus bagi para pemula yang ingin terjun di du­nia usaha, tak terkecuali bagi para karyawan yang ingin merintis bisnis sampingan untuk mendatangkan tambahan penghasilan.

Seperti halnya Handsome Wa­rung Kopi yang didirikan 8 April 2016 oleh Surya Akbar Hambali, Hafiz Akbar Rahman, dan Ukky Mar­tha Saputra. “Kita bertiga sahabatan sejak kami masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sampai saat ini persahabatan kita su­dah 10 tahun lebih. Mangkanya mau mendirikan warung kopi ini hanya untuk silatuhrami tetap terjaga. Orang tua kita pun sudah saling mengenal, sampai pertama dibukanya warung kopi ini kita bersama orang tua mengadakan selametan atau pengajian,” ungkap Ukky kepada Bogor Today.

Tidak hanya mengurus usaha wa­rung kopinya, tiga sahabat ini juga memiliki pekerjaan diperusahaan lain bahkan ada yang masih kuliah semester akhir. “Alhamdulillah saya bisa membagi waktu bekerja dengan usaha, saya kerja pukul 08.00-17.00 WIB pulang kantor langsung mem­buka warung kopi sampai pukul 01.00 WIB. Mungkin karena hobi masak juga jadi semangat melaku­kannya,” lanjut Ukky.

Menurut tiga sahabat ini, dalam mendirikan warung kopinya mem­butuhkan perjuangan dalam hal me n g umpu l k a n modal. “Setiap abis gajian, selalu menyisihkan uang untuk nambah modal. Karena konsepnya juga kopi enak tapi murah. Kalau ditempat lain Rp 50 ribu hanya mendapatkan dua kopi saja kalau di kita tidak. Yang paling ribetnya kita ingin membuat rasanya seperti dia tapi murah. Ha­rus mencari penjual bahan baku, gerobak kopi dimana. Itu sama sekali kita tidak tahu dan butuh perjuan­gan sekali,” terang Ukky.

Ukky mengatakan, hal yang pal­ing sulit pada saat mencari kary­awan. Oleh sebab itu, tiga sahabat ini memakai karyawan dari saudara sendiri. Namun dengan memiliki karyawan, masing-masing owner juga memiliki tugasnya seperti Ukky sebagai Operational Manager, Hafiz sebagai Finance, dan Surya yang biasa disapa Abay adalah ambassador Hand­some dalam hal promosi. “Apa lagi tempat ini masih sepi buat kasi tau ke orang-orang agak susah. Gunanya Abay itu memiliki komunitas y a n g banyak yaitu bogor runners, sleb­gram, dan masih banyak lagi . komu­nitas tersebut diajak sama Abay biar tahu warung kopi kita ,” katanya.

Handsome Warung Kopi terletak di Bogor Kuliner Valley (BKV) tepat­nya di jalan Papandayan (Bersebala­han dengan gedung Telkom dan ge­dung OPMC) dengan jam operasional pukul 18.00 hingga larut malam di hari Selasa-Sabtu, sedangkan Minggu 17.00-24.00 WIB.

Handsome Warung Kopi memi­liki menu andalan tentunya kopi, dan untuk menu pendamping ngopi adalah kue balok. Menu kopi yang paling banyak dipesan di Handsome Warung Kopi yaitu latte karena harga murah namun rasanya seperti latte yang di jual di Starbuck. “Kalau tidak percaya coba beli di Starbuck, nanti bawa ke kita lalu rasakan dua minu­man yang sama akan terasa sangat percis rasanya, tapi kita kurang di frappe dan blender es batunya. Ka­lau yang ice nya sama kok,” jelasnya.

Handsome Warung Kopi menjual kopi yang belum ada di Bogor yaitu kopi sanger. Sedangkan kopi nusan­tara memakai biji kopi dari Excelso, seperti biji kopi pilihan dari Mandail­ing, Sidikalang, dan Toraja.“Caranya gitu aja, kita menjual kopi dari Ex­celso hanya Rp 12.000 sedangkan dia jual Rp. 30.000. Sengaja kita per­lihatkan ke konsumen biji kopi yang masih terbungkus dari Excelso,” kata Ukky sambil tertawa.

Jangan khawatir bagi Anda yang tidak suka kopi, karena Handsome Warung kopi memiliki menu minu­man lainnya seperti lychee ice tea, cokelat yang terasa dan wangi rum tetapi tenang saja tidak ada alkohol­nya.

U n ­tuk menu camilan yang paling favorit dicari konsumen yaitu otak-otak dan cilok, namun menu cilok tersebut hanya ada saat dadakan. Jika ada akan ditulis oleh pemilik di papan tulis. Ada juga bandrek, opak, dan bubur kacang hijau yang ada di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Menu camilan yang ada setiap harinya ada roti bakar yang cukup unik mengandalkan serutan cokelat dan kacang asli seperti martabak ma­nis rasa kacang. Terdapat juga sand­wich yang berisi telor, kornet, keju mozarella, bawang bombay, dan to­mat di jamin makan satu saja sudah kenyang karena memakai roti yang memiliki ketebalan 3cm.

Soal harga jangan khawatir san­gat murah tetapi rasa seperti coffee shop mewah, untuk kopi mulai dari Rp. 6.000-Rp. 18.000, dan cemi­lan Rp 7.000-Rp 18.000. Jika Anda ingin makan berat di Handsome Warung Kopi menyediakan menu indomie yang berbeda, dimana in­domie tersebut diberi kornet yang berbentuk patty seperti burger, dan telornya pun bisa sesuai keinginan konsumen. Mau di dadar, setengah matang, sampai ceplok bisa dibuat. Indomie di sini bukan seperti wa­rung kopi pada umumnya, karena terdapat juga irisan tomat, sawi, bawang goreng, dan irisan cabai rawit merah jika mau.

Handsome warung Kopi dapat menampung 25 pengunjung di ten­da. Meskipun berjualan di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak dan tenda, mereka memiliki kursi untuk pengunjung yang terbuat dari kayu jati yang bisa berputar sep­erti halnya duduk di bangku bos kantor. “Kita hanya memiliki dua, rencananya ingin semuanya kursi seperti ini karena bajet belum ada,” kata Ukky. Ada juga fasilitas lainnya seperti tersedia kamera go pro yang bisa dipakai oleh pengunjung.

Selama menjalankan usaha warung kopinya, tiga sahabat ini mengaku memiliki kendala dari hal bahan-bahan. “Awal buka kita tidak langsung full menu, ada saja yang kurang seperti halnya ada yang membeli kopi kita lupa membeli galon, ada yang pesan indomie telor kita lupa beli telornya, ada aja yang kurang. Kadang-kadang kalau mem­buat konsep sangat bagus tapi pas di eksekusi sering lupa,” katanya.

Menurut Ukky, modal yang dipakai untuk mendirikan Hand­some Warung Kopi kurang lebih Rp. 20 juta untuk gerobak, alat dapur, tenda, box, dan perlengkapan lain­nya. Tiap harinya Handsome Warung kopi dapat membuat 40-50 semua je­nis minuman.

Saat ini Handsome Warung Kopi sedang memberikan promo buy one get one, dan follow instagram lalu posting akan mendapatkan beli satu gratis satu menu apa saja sesuai pesanan pertama, diambil dari harga yang terendahnya. “Kemarin pas hari Kartini kita mengadakan promo gratis minum dan makan, syaratnya hanya memakai kebaya saja langsung kita kasi,” ungkap Hafiz.

Kedepannya ingin memiliki fasili­tas wifi yang akan kerjasama den­gan telkom. “Sekarang kan ada wifi. id tuh, kita mau buat paketan beli makan dan minum dapat voucher internet seharian. Lumayan untuk download film sangat cepat,” tandas Ukky. (*)

 

============================================================
============================================================
============================================================