1500-angkotBOGOR TODAY – Dalam sebu­lan, bidang pengujian kenda­raan bermotor pada Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor mampu melayani Uji KIR sekitar 1.500 kendaraan. Uji KIR dilakukan mulai dari angkutan kota (ang­kot), mobil barang, truk hingga bus. Namun pengujian lebih didominasi mobil barang bak terbuka.

Demikian dijelaskan Anwar Sulaiman, Kepala Seksi (Kasi) Pengujian Kendaraan Bermo­tor pada DLLAJ Kota Bogor, Selasa (3/5/2016). “Kalau untuk kendaran besar seperti truk dan bus di Kota Bogor ini san­gat sedikit jumlahnya. Beda halnya dengan di wilayah Ka­bupaten Bogor yang memang wilayahnya lebih luas dan in­dustrinya pun lebih banyak,” ungkap Anwar.

BACA JUGA :  Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Spain Masters 2024, Berikut Hasil Drawing

Untuk melayani pengujian kendaraan tersebut, ujarnya, bidang pengujian memiliki tenaga atau jabatan fung­sional sebanyak sembilan petugas. Rata-rata sekitar 70 kendaraan yang dapat dilay­ani/hari.

“Dengan waktu pelayanan yang kami berikan kepada para pemilik kendaraan mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Tapi untuk pendaftarannya sampai pukul 14.00 WIB, karena untuk dua jam sisanya kami gunakan untuk melakukan pemeriksaan atau pengujian kendaraannya,” papar Anwar.

BACA JUGA :  Hadirkan Program ARIT PA ARI Selama Bulan Ramadhan, Untuk Tingkatkan Masyarakat Taat Pajak Kendaran

Pada hari Sabtu, pihaknya juga tetap melayani para pe­milik kendaraan. Hanya saja, pelayanan hanya berlangsung hingga pukul 12.00 WIB. “Tapi, kami berikan toleransi selama satu jam sampai pukul 13.00 WIB. Ini untuk memberikan waktu lebih kepada pemi­lik kendaraan,” pungkasnya.

(Yuska Apitya)

============================================================
============================================================
============================================================