Lionel-Messi---FootyRendersJAKARTA, TODAY – Kabar gembira bagi para fans klub raksasa Barcelona yang ada di In­donesia. Pasalnya, tim yang dikomandoi oleh Lionel Messi ini akan membuka kesem­patan menyambangi Indonesia. Tapi Barca memastikan tak bakal mengirim satu-dua pemain melainkan cuma akan datang seb­agai satu-kesatuan tim komplet.

Indonesia secara khusus diakui sebagai fan base besar buat Barca, meskipun sejauh ini klub Catalunya itu belum berkesempatan menyapa para penggemarnya di sini.

Managing Director Barcelona – Asia Pacif­ic Xavier Asensi Brufau membuka lebar kans Lionel Messi cs datang ke Jakarta, apalagi kini Barca sudah bekerjasama dengan Bank Mega. Pun demikian, belum ada ancar-ancar kapan sekiranya Barca akan datang.

“Kami serius mempertimbangkan datang ke Asia pada 2017, tapi itu belum dipastikan. Asia sangatlah besar,” kata Xavier saat ber­bincang dengan detikSport dan CNN Indo­nesia di Menara Bank Mega, Jakarta, Minggu (8/5/2016).

“Kami ingin berada di banyak negara, tapi tidak mungkin maka kami harus mem­pertimbangkan dengan matang. Yang pasti kami sangat ingin datang ke negara-negara tempat kami memiliki rekanan, seperti Bank Mega di Indonesia,” lanjutnya.

Yang pasti Blaugrana bakal datang ke satu negara dengan memboyong skuat lengkapnya alih-alih mengirim per­wakilan segelintir pemain saja. Barca, tegas Xavier, adalah satu-kesatuan tim.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Piala Asia U-23 2024

“Jika kami datang maka kami akan melakukannya sebagai satu-kesatuan tim karena kami merupakan satu tim, kami bukanlah in­dividu-individu,” jawabnya ketika ditanya mengenai kemungkinan mengirim satu atau dua pemain saja ke Jakarta dalam waktu dekat.

Kalau mereka datang se­cara pribadi itu tidak di bawah ben­dera FC Barcelona, bisa saja untuk liburan, mengecualikan jika dalam koridor Pemain Legenda.

Terkait dengan hal itu Xavier sebe­lumnya juga menegaskan Barca bakal selalu berusaha menjalani turnya den­gan membawa serta seluruh pemain, termasuk para bintang. Itu dilakukan demi menghormati suporter di negara se­tempat.

Seperti diketahui, FC Barcelona sudah beberapa kali mempertimbangkan datang ke Jakarta meskipun sejauh ini belum ter­laksana. Ada beberapa pertimbangan terkait hal itu.

Managing Director Barcelona-Asia Pacific Xavier Asensi Brufau menunjuk bahwa Indo­nesia merupakan fan base besar untuk Blau­grana. Itu pula yang menjadi salah satu ala­san Barca bekerjasama dengan Bank Mega.

Pun begitu, ia mengaku bahwa sejauh ini El Barca memang belum berkesempatan me­nyambangi Indonesia kendatipun di masa lalu sudah beberapa kali mempertimbang­kan kemungkinan tersebut.

BACA JUGA :  Nathan Tjoe-A-On Dipastikan Perkuat Indonesia di Piala Asia U-23

“Kami sudah beberapa kali mempertim­bangkan Jakarta. Tapi Jakarta agak tricky karena cuma ada satu stadion dan prasyarat dari kami terkadang agak tricky juga, seperti mem-block stadion dua pekan sebelumnya, jadi tidak memungkinkan ketika kami mem­pertimbangkan hal tersebut,” ucapnya.

Xavier menegaskan Barca tidak mau setengah-setengah dalam menjalani tur, seperti datang ke satu negara yang jadi tujuan tur pramusim tanpa memboyong skuat komplet. Itu menjadi alasan lain mengapa Barca belum datang ke Indo­nesia.

“Alasan besar kedua adalah karena kami memiliki kendala internal ke­tika mempertimbangkan tur musim panas yang periodenya terasa amat singkat buat kami. Sebagai tim besar dengan pemain-pemain top kami bersaing di banyak ajang, selain itu para pemain kami juga terlibat dengan tim nasionalnya. Maka ketika ada Piala Eropa, Piala Dunia, Copa America, kami pun ditinggal banyak pemain,” sebutnya.

Untuk 2016 ini sendiri, setelah musim liga-liga di Eropa berakhir akan ada perhelatan Piala Eropa, Olimpiade, dan juga Copa America Centenario. “Tahun ini kami dipastikan tidak datang ke Asia, kami akan menjalani partai-partai friendly dan eksebisi di Ero­pa,” pungkasnya. (Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================