02o7V1oJqyBOGOR, Today – Menga­jarkan cara perlindungan diri pada anak bukan un­tuk sok-sokan, tapi ini bisa membantu mereka untuk menghindari kejahatan, misalnya pencabulan dan pemerkosaan.

Cara perlindungan diri antara lain dengan mem­bekali anak upaya perlawan­an, misalnya dengan menen­dang atau memukul alat vital orang yang berusaha me­megang bagian intim tubuh mereka.

Di Kenya, kelas bela diri atau self defense diklaim sukses turunkan angka perkosaan. Materinya tak hanya bela diri, tapi juga wa­wasan tentang penyebab dan efek dari kekerasan seksual.

BACA JUGA :  Ampuh Turunkan Berat Badan, Ini Dia 10 Minuman Diet Alami dan Sehat

Menurut peneliti, angka kekerasan seksual di ibukota Kenya, Nairobi, turun drastis hingga 38 persen setelah ke­las tersebut dimulai. Bahkan separuh dari 2.000 remaja perempuan yang ambil ba­gian dalam kelas tersebut dilaporkan menggunakan skill yang mereka pelajari untuk menghentikan 817 ka­sus kekerasan seksual di kota tersebut.

Perlindungan diri juga bukan melulu dengan bela diri, tapi juga cara untuk menghindarkan diri dari situasi yang rentan pen­cabulan. “Misalnya jangan jalan di tempat yang sepi. Untuk anak-anak memang sulit untuk mengajarinya maka dari itu disarankan orang tua tahu di mana po­sisi anak berada entah itu di rumah atau di luar rumah, orang tua harus memantau anaknya,” saran psikolog keluarga Anna Surti Ariani, MPsi.

============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR

  1. Terimakasih banyak atas artikelnya, ijin bantu share juga dampak dampak buruk radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia, terutama dampak buruk bagi anak anak, yang sekarang sudah pada menggunakan handphone, tablet, smartphone, dsb, bisa di cek disini http://www.indonesu.co.id/blog
    biar makin banyak masyarakat kita yang sadar akan dampak buruk radiasi, sehingga lebih bijak dalam menggunakan perangkat telekomunikasi digitalnya.
    salam sehat selalu.