20160526_093313RICKY ISKANDAR
[email protected]

Bagi keluarga besar SMK Wiyata Mandala mena­nam pohon bukan seke­dar menghijaukan kembali lingkungan sekitar. Tetapi lebih dari itu, menanam pohon meru­pakan adab atau sopan santun manu­sia terhadap alam semesta agar tetap harmonis.

‘’Setiap tindakan dan hubungan manusia itu ada adabnya. Ada eti­kanya. Orang yang lebih muda meng­hormati yang lebih tua, begitu juga hubungan manusia dengan alam ada adabnya,’’ kata Direktur Pendidikan SMK Wiyata Mandala Soedjono B.Sc menyambut acara penanaman pohon bersama Bogor Hejo-Bogor Today, Kamis (26/5/2016), ‘’Menanam pohon yang dilakukan Bogor Today melalui gerakan Bogor Hejo itu merupakan adab terhadap alam. Ini tindakan yang sangat luar biasa,’’ tambah penggiat dunia pendidikan ini.

Itu sebabnya, meski tak hadir lang­sung di acara penanaman pohon buah sumbangan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bogor di lapan­gan belakang sekolah, Soedjono B.Sc mendukung penuh gerakan penana­man pohon setiap hari yang dilakukan Bogor Today.

BACA JUGA :  Resep Membuat Tumis Tahu Kuning dan Tauge, Lauk Praktis dan Sederhana di Tanggal Tua

Senada dengan itu, disampaikan Sekretaris Direktur Pendidikan SMK Wiyata Mandala Drs Bambang Eko. Menurut dia, pihaknya sedang menata lingkungan sekolah agar lebih hijau. ‘’Di lapangan belakang sekolah sedang kita kembangkan jadi area hijau, selain juga dibangun lapangan futsal. Karena itu, kita terus melakukan penana­man pohon,’’ katanya pada sambutan jelang tanam pohon.

Karena itu, kata Bambang, kedatangan Surat Kabar Har­ian Bogor Today ber­sama Gerakan Bogor Hejo, memberikan semangat dan moti­vasi bagi SMA Wiyata Mandala untuk terus melakukan penana­man dan pemelihara­an pohon. ‘’Kami sangat berterimakasih dan ini merupakan suatu kehormatan,’’ katanya.

Pemimpin Redaksi Bogor Today Alfian Mujani mengingat kembali ten­tang pentingnya menanam pohon un­tuk merawat dan menjaga lingkungan agar tetap hijau, sejuk, nyaman dan asri. ‘’Pohon memiliki fungsi yang san­gat penting bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya. Pohon bisa menghasilkan oksigen dan menyim­pan cadangan air bersih,’’ katanya.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thomas Cup dan Uber Cup 2024, Berikut Pembagian Grup

Karena itu, menurut Alfian, ke­giatan menanam pohon seharusnya menjadi panggilan bagi siapapun yang ingin hidup dan berada di lingkungan yang berkualitas dan sehat.

Acara edukasi melalui kuis pohon yang dipandu Amalia Dian Puspitasari alias Amel, kali ini terasa kurang seru karena para pelajar SMK Wiyata Man­dala sedang melaksanakan ujian akhir kenaikkan kelas. Kuis dan acara pena­naman pohon dilakukan di sela-sela jam istirahat sehingga berlangsung sangat cepat. Hanya 6 hadiah yang dibagikan Amel, selain beras 5 kiloan, juga perlengkapan sekolah sumbangan dari Linda Kristanti Nussy SH (Bank BRI Dewi Sartika).

Hadir juga pada kesempatan ini Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, relawan Bogor Hejo Habib Rifki Ah­mad Alyidrus, dan Ricky Iskandar, Ke­pala SMK Wiyata Mandala Dra Neneng Sri Mulyanah, para guru SMK Wiyata Mandala, serta puluhan murid. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================