Kejuaraan-renang-Gor-Ragunan-2014-bPALEMBANG, TODAY– Seban­yak 175 perenang dari 7 negara mengikuti 5th Asian Schools Swimming Championships di Jakabaring Sport City, Palem­bang 24- 31 Mei 2016.

Ajang ini bertujuan selain menambah pengalaman tand­ing, juga sebagai penentuan tim renang yang diterjunkan pada Asian School Games di Thai­land, 21-29 Juli mendatang.

Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemen­pora, Washington Galingging, mengatakan Indonesia akan menurunkan 31 perenang­nya. Mereka akan bertanding melawan perenang- perenang dari Malaysia, Thailand, Singa­pura, Hong Kong, Sri Langka, dan India.

“Nantinya dari angka 31 akan diseleksi menjadi 22 per­enang yang menjadi tim inti di Asian School Games 2016,” kata Washington, seperti dalam rilis yang di terima detikSport.

Menurut Washington, prestasi perenang pelajar Indo­nesia saat ini cukup baik. Hal itu dibuktikan pada saat Asian School Games 2015 di Brunei Darussalam, di mana Indonesia mendapat 8 medali emas.

“Harapan kami tahun ini tentu lebih baik, atau minimal mempertahankan perolehan medali tahun lalu,” katanya.

Sementara itu Ketua Umum Pengprov PRSI Sumsel, Widodo, mengatakan seluruh peserta su­dah tiba di Palembang dan telah melakukan uji coba di stadion Akuatik Jakabaring.