Kesehatan-Gangguan-Pencernaan-Sakit-Perut-Obat-Sakit-Perut-Tips-KesehatanPola buang air besar (BAB) bisa menjadi petunjuk sehat tidaknya sistem pencernaan kita. Orang yang memiliki pola BAB teratur biasanya memang lebih sehat, tapi jangan khawatir jika Anda sering tak teratur ke toilet.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Rata-rata, seseorang BAB satu atau dua kali sehari, walau ada juga yang lebih dari itu. Pagi hari merupakan waktu paling umum seseorang untuk BAB. Ini karena kebanyakan orang makan besar di malam hari, sehingga saat ti­dur makanan itu sudah cukup dicerna dan berada di posisi untuk dikeluar­kan.

BACA JUGA :  10 Manfaat Jus Mentimun untuk Kesehatan, di Antaranya Menjaga Kesahatan Jantung..

Menurut Felice Schnoll-Sussman, dokter spesialis pencernaan, tidak BAB satu sampai tiga hari masih ter­golong normal. “Pendek kata, jika Anda merasa baik-baik saja, tidak sakit perut, tidak ada masalah saat buang air besar, maka tak perlu dikhawatir­kan,” katanya.

BACA JUGA :  Kalap Makan Daging saat Lebaran, Coba 5 Makanan Ini yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Ia mengatakan, tidak ada aturan BAB setiap hari adalah standar nor­mal. “Itu hanya normal menurut pan­dangan satu orang saja,” ujarnya.

Bila ada perubahan pola, misalnya dari yang semula setiap hari lalu men­jadi tiga atau empat kali sehari, penye­bab terbesarnya adalah pola makan. Walau begitu, infeksi penyakit terten­tu juga bisa jadi pemicunya, misalnya diare.

============================================================
============================================================
============================================================