Untitled-1Capsule’s, sebuah cafe yang didesain dengan konsep menyerupai bengkel mobil,dimana kita dapat melihat saat baru datang disambut dengan bentuk capsul yang besar digunakan sebagai dapur, dan interiornya pun memakai ban dan velg untuk meja dan bangkunya.

Hesti Amelia
([email protected])

Capsule’s berdiri sejak 4 November 2015 di Jalan Dr. Semeru nomor 102 Kelurahan Menteng, Kecamatan Bo­gor Barat, Kota Bogor (sebrang pom bensin) ini didirikan oleh Febriana Herdianty dan Muhamad Faizal Subastian.

Awalnya, Faizal Subastian yang biasa di sapa Ical tertarik untuk membuka usaha kuliner yang menyajikan cemilan khas Makassar dan Bogor. “Yang baru ditonjol­kan di sini pisang epe dulu dari Makas­sar. Next time makanan khas Makassar akan banyak. Kita menjual makanan berbahan dasar dari pisang,” ung­kap Ical kepada Bogor Today.

Ketika mulai mendirikan usaha ini, Faizal mendapat­kan kendala dari segi modal. “Untungnya istri kerja di bank, jadi saya bisa pinjam uang di bank tempat istri bekerja,” katanya.

Di beri nama Capsule’s Ical mengatakan ter­bayang sejenak di dalam mimpi, terlintas dari ucapan dengan bentuk Capsule’s. “Pas lagi ja­lan sama istri, memang sudah memiliki konsep untuk buka usaha. Tapi bingung buka usaha di Kota Bogor itu apa, konsepnya apa, memang istri dan saya hobi jalan-jalan, ya sudah terlint­aslah ucap Capsule’s,” katanya.

Capsule’s menjual makanan seperti french fries, nachos, kue cubit, roti bakar serigala, pi­sang epe, sosis bakar, baso bakar, stick caps, hot dog cap’s, sandwich beef bakar, chicken nugget tusuk, dan aneka mie ranger. “Untuk makanan yang saya andalkan pisang epe dari Makassar. Nah, roti bakar serigala sangat unik, kami menyediakan roti yang dalamnya ada ice cream,” terangnya.

Di sini menjual minuman yang mayoritas seperti kopi ranger. Bentuk dari kopi ranger sendiri seperti vodka. Tetapi kopi ini khas dari Indonesia memakai kopi robusa, arabika, dan kopi timur dari seluruh Indonesia. Jika Anda tidak tertarik dengan minum kopi, Capsule’s juga menyediakan aneka minuman yang diblend dengan 12 varian rasa, terdapat juga macam-macam minuman dari soda, hot thai tea, lemon tea, dan cokelat. Di Capsule’s juga terdapat menu ice cream pot cap’s, banana ice cream, keranda cap’s, dan fruty.

Baru-baru ini Capsule’s mengeluarkan menu baru yang diberi nama baso bakar atau kuah ru­jak. Cukup aneh kedengarannya, karena pada umumnya baso memakai kuah bening dan dit­ambah mie kuning, bihun, atau pun soun. Kalau di sini memakai topping cireng, sayuran, dan ditambah dengan irisan ayam suwir lalu diberi kuah rujak. Bentuk dari basonya pun berbeda-beda, ada bentuk love, bintang, sabit, meman­jang, dan capsul. Sedangkan isi dari basonya sendiri terdapat keju, sosis, dan aneka buah. Bakso bakar atau kuah rujak yang ditawarkan Capsule’s seharga Rp. 19.000.

“Bakso yang kita buat benar-benar hand­made dan memakai daging utuh. Jadi gini mis­alnya daginya dua kilo, tepungnya hanya seten­gah kilo saja,” jelas Ical.

Selain baso bakar atau kuah rujak, Capsule’s juga menyajikan menu terbarunya berupa ice cream yang diberi nama recycle bin ice. Dimana terdapat tiga ice cream cokelat, vanilla, dan strawberry, lalu ditambah dengan delapan topping diantaranya, permen yupi, keju, satu beng-beng utuh, oreo, caca, stick nyam-nyam, dan lain-lain. Menu recycle bin ice benar-benar disajikan ditempat sampah mini seharga Rp. 19.000. Jika Anda ingin tambah top­ping recycle bin ice pun bisa hanya saja satu top­pingnya diberi harga Rp. 5.000.

Menu recycle bin ice cocok dimakan setelah menikmati pedasnya baso bakar atau kuah ru­jak. Tetapi jika Anda ingin memesan minuman segar terlebih dahulu ada juga nih minuman blue sky float seharga Rp. 13.000.

Kisaran harga makanan d Capsule’s cukup terjangkau dari Rp. 12.000-19.000, sedangkan minumannya Rp. 5.000-Rp. 21.000. Capsule’s buka mulai pukul 12.00-22.00 di hari Senin hingga Jumat dan Minggu, Jika Hari Sabtu Cap­sule’s tutup lebih malam pada pukul 24.00.

Menurut Ical, selama menjalakan bisnis ini pasti ada kendala. Pertama belum dapat pasar, rasa lidah orang Bogor juga belum tahu seperti apa. “Jadi mangkanya step by step kita masih ka­sih promo,” jelasnya.

Selama bulan Mei Capsule’s sedang mem­berikan promo, jika Anda upload foto menu makanan dan minuman ataupun buku menu­nya saja dengan hastag Instagram capsules_bo­gor, akan mendapatkan free ice cream pot dari Capsule’s.

Ical mengatakan, modal awal untuk mendiri­kan Capsule’s menghabiskan dana kurang lebih Rp. 80 juta-Rp. 90 juta yang dialokasikan untuk sewa tanah, dan membuat tempat. “Omset per­bulan yang kita dapat Rp 10 juta – Rp. 11 juta,” tandas Ical.