bahaya-merokok-bagi-ibu-hamilKehamilan merupakan periode penting untuk mempersiapkan kesehatan bayi kelak sehingga ibu hamil harus menghindari berbagai hal yang membahayakan, termasuk asap rokok.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Sebuah penelitian pada para ibu hamil di Finlandia menu n j u k k a n , merokok ketika hamil akan meningkatkan risiko bayi mengalami gangguan jiwa skizofrenia.

Meski penelitian yang dip­impin oleh Dr Solja Niemela, profesor psikiatri dan pengo­batan kecanduan, ini tidak menunjukkan sebab akibat, tetapi ini adalah studi terbesar yang menunjukkan kaitan antara paparan nikotin pada janin dan skizofrenia.

Penelitian itu dilakukan ber­dasarkan analisis sampel darah yang menunjukkan bukti paparan nikotin pada janin. “Memang pa­paran rokok sebelum kelahiran saja tidak menyebabkan skizofre­nia, tetapi ada faktor genetik dan lingkungan,” kata Niemela.

Saat ibu hamil merokok, niko­tin yang diserap tubuh itu akan dengan mudah melewati plasenta dan masuk ke aliran darah janin. Hal ini tentu berdampak pada ke­sehatan janin, termasuk otaknya.

Sebelumnya, para ahli men­getahui bahwa skizofrenia dan gangguan psikotik lainnya me­mang terkait dengan sejumlah faktor risiko, baik sebelum mau­pun setelah kelahiran, yang memengaruhi perkembangan otak.