internasional-pertempuran-sengit-taliban-vs-islamic-state-yang-didukung-drone-as-di-paktika-komandan-is-tewas-2328-lAFGHANISTAN TODAY– Ko­mandan senior Taliban Afgani­stan memastikan pemimpin kelompok mereka, Mullah Mohammed Akhtar Mansour, telah terbunuh dalam serangan pesawat tanpa awak (drone) Amerika Serikat, Minggu, 22 Mei 2016.

Mullah Abdul Rauf, yang baru saja berbaikan dengan Mansour setelah menolak penunjukkannya sebagai pan­glima Taliban, menyatakan Mansour meninggal dunia dalam serangan Jumat pekan lalu di perbatasan Afganistan-Pakistan. Badan intelijen Afgan­istan juga memastikan kema­tian Mansour. Kepala Eksekutif Afganistan Abdullah Abdullah lewat pernyataan yang dipost­ing online juga memastikan hal itu. “Pemimpin Taliban, Akhtar Mansoor tewas dalam seran­gan drone di Quetta, Pakista pada pukul 4.30 pm kemarin,” kata Abdullah seperti diku­tip Khaama Press, kemarin.

Dia menambahkan mobil Mansoor diserang di wilayah Dahl Bandin, Quetta. Dalam sidang kabinet yang disiarkan langsung di televisi, Abdullah menyatakan kematian Man­sour membawa dampak positif bagi perdamaian di Afganistan, dimana Taliban telah men­gobarkan pemberontakan se­lama 15 tahun terakhir. “Man­sour adalah tokoh utama yang mencegah Taliban bergabung dalam proses perdamaian,” kata Abdullah. Dia menam­bahkan sejak hari pertama dia mengambil alih kekuasaan setelah kematian Mullah Omar, Mansour mengintensifkan ke­kerasan terhadap rakyat biasa, khususnya di Afganistan.

Menteri Luar Negeri Ameri­ka Serikat John Kerry yang sedang berada di Myanmar menyatakan serangan udara terhadap Mansour menun­jukkan pada dunia bahwa negaranya terus mendukung pemerintah Afganistan. “Per­damaian adalah apa yang kita inginkan, Mansour adalah an­caman atas upaya tersebut,” kata Kerry seperti dilapork­an Associated Press.

Mansour secara resmi me­mimpin Taliban setelah kematian Mullah Mohammad Omar, pendi­ri gerakan itu. Omar, meninggal di sebuah rumah sakit di Pakistan pada 2013. Namun kabar kema­tiannya disembunyikan, sampai terungkap oleh pemerintah Af­ganistan tahun lalu.

============================================================
============================================================
============================================================