179123_620Kehidupan mantan Kaba­reskrim Komjen (Purn) Susno Duadji yang sempat membuat heboh dengan kasus Cicak vs Buaya, kini berubah 360 de­rajat. Susno kini banting setir menjadi petani di kampung halamannya

SUSNO sebelumnya mendekam 3,5 di penjara karena kasus ko­rupsi PT Salmah Arowana Le­stari dan korupsi dana pen­gamanan Pilkada Jawa Barat. Selepas ditahan di Lapas Cibinong, Kabupaten Bogor sejak Mei 2013, belakangan tidak lagi muncul ke publik.

Di media sosial, foto Susno tengah membawa cangkul di sawah dengan pakaian ala petani jadi viral. “Kira-kira masih kenal dgn tokoh ini…….? Hidup dgn Kesederhanaannya,” tulis salah satu facebooker, Semuel Linggi Topa­yung dalam foto yang dipostingnya.

BACA JUGA :  7 Tips Menetralisir Tubuh usai Makan yang Bersantan saat Lebaran

Susno Duadji kini memilih mengisi hari-harinya dengan bercocok tanam di kampung halamannya, Sumatera Selatan. “Saya anak petani, ya seka­rang saya bertani tanam coklat dan kopi di kampung,” ujarnya saat dite­mui di Kemang, Jakarta Selatan.

Menurutnya berbagai pengala­man hidup yang telah dilewati seperti menjadi Kabareskrim, diberhentikan lalu mendekam di tahanan selama beberapa tahun menjadi pengalaman bersejarah. “Abis kena masalah, ya saya kembali ke pertanian di sawah dan berkebun. Aktivitas saya tidak jauh dari situ, momong cucu dan ber­tani. Saya tidak bisa melepas habitat itu, karena saya anak petani,” ujarnya.

BACA JUGA :  Cara Membuat Serundeng Jawa Anti Gagal, Wajib Coba!

Susno pun tidak malu mencerita­kan dirinya memelihara beberapa ekor kambing. Kini kambing itu sudah be­ranak pinak namun ia belum terpikir untuk menjadikannya sebagai ternak. Bukti-bukti kini Susno menjadi petani terlihat di facebook miliknya, dimana pada 19 April 2016, Susno mempost­ing foto menggenakan celana pendek, berkaos putih dan topi putih tengah pose memegang buah coklat.

Ada pula foto Susno menggunak­an sendal jepit, memeragakan proses demi proses pembuatan kopi secara tradisional seperti menyangrai kopi dan menumbuk kopi. Semuanya di­lakukan secara tradisional agar aroma kopi tetap terjaga.

============================================================
============================================================
============================================================