Untitled-19Nia S. Amira
[email protected]

Ketika anda merasa, tidak ada sesuatu atau ses­eorang yang dapat mem­berikan kebahagiaan lagi kepada anda dan terlebih lagi anda merasakan ada yang kurang dari kehidupan spiritual, bukalah peta kunjungan wisata atau bacalah buku panduan tempat-tempat yang direkomendasikan kepada anda untuk mengem­balikan energi anda yang telah habis. Opsi-opsi buat saya adalah India, Tibet, atau Bhutan, dan ketiga negara ini terletak di arah yang sama menuju surga di bumi, Himalaya.

Bhutan adalah negeri yang ja­rang dikunjungi dalam perjalanan wisata namun bisa memberikan anda suatu pengalaman yang me­nyenangkan dan luar biasa satu kali dalam hidup anda. Mereka yang mencari hal-hal yang berhubungan dengan kemanusiaan dan kehidu­pan spiritual dalam cara yang khu­sus tanpa keraguan, akan pergi mengunjungi negeri seribu kuil di wilayah terpencil di Asia.

Menapaki jalan menuju ke­ajaiban Himalaya di mana para Dewa dan Dewi bersemayam dan yang memerintah para pengikut­nya untuk mematuhi ajaran kero­hanian dari Brahma, Wisnu, dan Siwa. Memuja keindahan alam pegunungan, bertemu dengan penduduk asli yang masih menjaga ad a t dan tradisi mereks den­gan sangat kuat selana ber abad-abad. Dan semua simbolisasi warna dari festival bu­d a y a yang dirayakan dari setiap sudut tembok seolah-olah tembok-tem­bok itu akan menyimpan semua ra­hasia dari setiap orang yang hidup di negeri misterius di bumi ini.

Anda tidak akan pernah lelah untuk mencari jejak dari langkah terakhir di Bhutan, di mana anda selalu bertemu anak-anak desa yang tersenyum dengan wajah ber­semu kemerahan, mencoba me­nyapa anda dalam pakaian tradis­ional mereka yang berwarna-warni yang hanya menggunakan warna alami.

Inilah Bhutan dan tidak ada tempat lain yang demikian diber­kati layaknya Bhutan.