“Air liur kita adalah antiseptik alami dan me­mainkan peran penting dalam membuang sisa-sisa partikel makanan yang terselip di celah gigi. Seperti diketahui, sisa makanan seperti ini kan bisa membusuk dan menimbulkan bau mulut. Agar tubuh bisa menghasilkan cukup air liur, tentu cairan tubuh harus cukup juga,” pa­par Barns.

Ia melanjutkan, jika Anda tak memberikan tubuh cukup asupan air putih, maka mikroba dalam mulut akan ‘me­makan’ sisa-sisa partikel makanan tersebut dan mengakibatkan muncul­nya bau mulut yang tak sedap.

BACA JUGA :  8 Penyebab Susah Turunkan Berat Badan, Simak Ini

Selain masalah de­hidrasi, Barns menye­butkan bahwa bau mulut juga bisa be­rasal dari sistem pencernaan.

“Jika sal­uran pencer­naan Anda l a m b a n atau Anda memiliki masalah p a d a u s u s , m a k a Anda juga b e r i s i k o mengalami bau mulut. Terutama di pagi hari,” imbuh Barns.

BACA JUGA :  Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur dengan 5 Gerakan Olahraga Ini

Menurut Barns, ketidakseimbangan antara bakteri baik dan bu­ruk dalam usus, serta ke l e b i ­han gas dalam t u ­buh dapat menjadi penyebab munculnya masalah ini. Untuk mencegahnya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi cukup probiotik, yang bi­asanya akan lang­sung menargetkan bakter i -bakter i penyebab masalah tersebut.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================