harga-yamaha-r15Jakarta Today -Bukan rahasia lagi jika ada calon konsumen, sales sepeda motor menawarkan bah­kan terkadang memaksa untuk melakukan pem­belian secara kredit. Ka­lau dipaksa untuk beli motor kredit, Yamaha meminta untuk melapor­kan langsung.

Terkadang, jika ada konsumen yang ingin melakukan pembelian motor secara cash. maka konsumen harus men­unggu lama kendaraan barunya. Alasannya, dil­er tidak memiliki stok.

“Dari Yamaha tidak ada yang mengarahkan konsumen harus melaku­kan pembelian kredit. Tidak ada seperti itu, ka­lau ada seperti itu maka Yamaha nantinya yang akan dipersalahkan,” ucap Asisten GM Market­ing PT Yamaha Indone­sia Motor Manufactur­ing (YIMM), Mohammad Masykur.

Masykur mengatakan, jika ada sales Yamaha yang melakukan hal itu. Maka Yamaha akan lang­sung menindaknya.

“Kalau ada seperti itu, itu hanya permainan sales. Kalau ada kasus seperti itu laporkan ke Yamaha Center,” katan­ya.

“Kalau ada yang mel­akukan itu, kami akan tindak lanjuti ke sales tersebut. Catat siapa sale­snya dan kapan kejadi­annya baru akan kami tindak. Oleh sebab itu jadilah konsumen yang cerdas,” tambahnya.

Masykur juga men­jamin, Yamaha tidak memberi referensi leas­ing mana yang kon­sumen harus ambil. “Yamaha tidak mem­punyai referensi leas­ing, orang bilang BAF (Bussan Auto Finance) menjadi leasing kami. Tidak juga, tapi kalau dibandingkan tetangga (kompetitor-Red), itu jauh sekali (menyaran­kan leasing satu group- Red),” kata Masykur. (Abdul Kadir Basala­mah/net)