JAKARTA TODAY- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan Rabu (18/7/2016) setelah sempat anjlok di awal perdagangan. Aksi beli investor lokal berhasil membuat indeks berbalik naik sebesar 5,2 poin (0,11 persen) ke level 4.734 setelah bergerak di antara 4.713-4.743 pada Rabu (18/5/2016).

Sementara di pasar valuta asing, nilai tukar rupiah melemah 85 poin (0,64 persen) ke Rp13.380 per do­lar AS, setelah bergerak di kisaran Rp13.307-Rp13.386. Kepala Riset Uni­versal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan IHSG bergerak melawan arus pelemahan. Ia menjelaskan, in­deks Hang Seng memang masih ditu­tup di bawah level psikologis dan in­deks Dow Jones Industrial semalam melemah karena ketakutan akan ke­naikan suku bunga The Fed.

BACA JUGA :  Takjil Segar dengan Blewah Pepaya yang Enak Cocok untuk Menu Bukber

“Saham yang mainannya pemo­dal asing, yang merupakan penggerak IHSG sebagian besar memang masih turun. Akan tetapi saham-saham yang pemainnya adalah investor lokal, malah sudah mulai terlihat bottom­ing. Sudah mulai menampakkan tren naik yang baru,” jelasnya, kemarin.

BACA JUGA :  Cemilan Buka Puasa dengan Nugget Pisang Keju yang Lezat Dijamin Keluarga Suka

RTI mencatat, investor mem­bukukan transaksi sebesar Rp5,37 triliun dengan volume 5,56 miliar lembar saham. Di pasar reguler, in­vestor asing membukukan transaksi jual bersih (net sell) Rp15,6 miliar.

============================================================
============================================================
============================================================