Untitled-12Komitmen manaje­men Royal Safari Garden untuk tetap menjaga kelestar­ian pepohonan di kawasan Puncak, merupakan angin segar bagi penyelamatan kawasan wisata andalan Ka­bupaten Bogor ini. Komitmen tersebut diwujudkan dengan melakukan penanaman pohon bersama Bogor Hejo-SKH Bo­gor Today, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bogor, dan RAPI Kota Bogor.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

‘’Saya berharap kegiatan penananam pohon hari ini merupaka awal kerjasama den­gan Bogor Hejo dan surat kabar harian Bogor Today untuk ter­us menjaga kelestarian lingkun­gan di kawasan Puncak, Cisa­rua, Kabupaten Bogor,’’ kata General Manager Royal Safari Garden Robby Saimima dalam sambutan menjelang penana­man pohon di Kampung Pandu Kawasan Royal Safari Garden, Cisarua, Puncak, Kabupaten Bogor, Minggu (8/5/2016)

Acara penanaman po­hon buah-buahan dan pohon keras ini terasa istimewa, se­lain dilakukan sambil refresh­ing juga dihadiri Ketua DPRD Kota Bogor H Untung W Mary­ono, Pemimpin Redaksi SKH Bogor Today Alfian Mujani, Food&Beverage Director Royal Safari Garden Hengky Heri­awan, Manager Marketing dan Promosi Royal Safari Garden Ario Danu, Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, para relawan Bogor Hejo Amalia Dian Puspi­tasari, para pengurus RAPI Kota Bogor, warga di sekitar Royal Safari Garden, dan juga para ke­luarga yang sedang berlibur di hotel bintang empat tersenut.

Robby mengaku sangat senang bisa bergandengan den­gan Bogor Hejo-Bogor Today dalam mewujudkan komitmen menjaga kelestarian lingkun­gan Puncak. ‘’Saya berharap ada event lanjutan setelah pen­anaman pohon yang kita laku­kan hari ini,’’ ujar Robby.

Untung W Maryono dalam kapasitasnya sebagai Penasihat Bogor Hejo menyambut baik ajakan Robby. ‘’Menjaga keles­tarian pohon di kawasan Pun­cak tentu menjadi tanggung­jawab kita bersama. Sebagai Ketua Dewan Kota Bogor, saya akan bergandengan tangan dengan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk menjaga kawasan Puncak agar tetap hijau, sejuk, indah dan nyaman,’’ katanya.

Bahkan Untung mendo­rong agar Royal Safari Garden merumuskan pola kerjasama yang lebih konkret dengan Bogor Hejo dan Bogor Today untuk terus melakukan pena­naman pohon secara reguler dan berkelanjutan. ‘’Sampai hari ini Bogor Hejo sudah teruji mampu melakukan penana­nam pohon setiap hari dan su­dah memasuki bulan ke tujuh. Tentu akan sangat baik jika kegiatan penanaman pohon setiap hari ini juga didukung Royal Safari Garden,’’ katanya.

Acara penanaman pohon kian seru dan meriah saat Amel, panggilan Amelia Dian Puspitasari, melakukan edu­kasi pohon melalui kuis pohon berhadiah payung dari Bank BRI Cabang Dewi Sartika Kota Bogor. Puluhan anak-anak dari SDN Cisarua yang sengaja di­undang untuk mengikuti acara tanam pohon tampak sangat menikmati acara ini. Mereka sangat aktif merespon pertan­yaan yang diajukan Amel. ‘’Saya seneng banget mengikuti acara kuis pohon ini,’’ kata seorang anak laki-laki bersemangat.

Yang menarik, setiap po­hon yang ditanam baik oleh Untung Maryono dan Robby maupun oleh anak-anak, di­beri nama sesuai nama pena­namnya. Ada 20 pohon lebih yang ditanam, diantaranya 10 pohon sumbangan dari BLH Kabupaten Bogor yakni pohon buah-buahan seperti durian, mangga, rambutan, dan matoa.

Usai acara penanaman, Ario Danu dan Alfian Mujani bersepakat untuk merancang sejumlah kerjasama saling menguntungkan, baik yang terkait dengan pelestarian lingkungan, maupun yang terkait dengan pengembangan ka­wasan wisata edukasi yang se­dang dikembangkan oleh Royal Safari Garden. Salah satunya pengembangan Kampung Pan­du alias Fun-Edukasi. (*)