Untitled-3PEMBANGUNAN pendidikan merupakan salah satu bagian yang sangat vital dan fundamental untuk mendukung upaya-upaya pembangunan dibidang lainnya. Pembangunan pendidikan dikatakan dasar bagi pembangunan lainnya mengingat secara hakiki upaya pembangunan pendidikan adalah untuk membangun potensi manusianya, yang kelak akan akan menjadi pelaku pembangunan diberbagai bidang pembangunan lainnya.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Sehubungan den­gan hal ini, pro­gram pendidikan berbasis masyara­kat merupakan adopsi dari konsep “Commu­nity Based Education” yang telah dikem­bangkan diberbagai negara maju dan berkembang. Konsep pendidikan berba­sis masyarakat merupakan suatu pendekatan yang mendorong ber­bagai kelompok masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses penentuan kebijakan dan pelak­sanaan pendidikan anak, baik yang terkena dengan peningkatan akses layanan mengikuti pendidi­kan maupun kualilitas pendidikan anak-anak.

Masyarakat diajak dan dilibat­kan secara aktif melalui berbagai wahana untuk bersama-sama pemerintah meningkatkan layan­an pendidikan bagi generasi muda sesuai dengan kebutuhan dan po­tensi masyarakat yang ada disetiap daerah.

Dengan pendidikan berbasis masyarakat ini, maka tak salah jika SMA Pesat mengadakan pro­gram Praktik Penelitian pada Ling­kungan Masyarakat (P2LM). Hal ini dilakukan selain untuk meng­gali potensi siswa-siswi juga untuk menerapkan disiplin ilmu yang mereka kuasai sesuai dengan pro­gram peminatan siswa-siswi SMA Pesat.