setuBOGOR TODAY- Menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke-534, Tradisi Ngubek Situ akan kem­bali digelar warga Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Tradisi ini merupakan budaya Sunda yang juga diselenggarakan dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Ketua LPM Kelurahan Situ Gede, Eman, menjelaskan bahwa Tradisi Ngubek Situ selain untuk melestarikan bu­daya Sunda mengambil ikan menjelang bulan suci Rama­dan, juga untuk mengingatkan tentang potensi wisata yang ada. Ia pun berharap Pemkot Bogor bisa memaksimalkan Situ Gede sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Bogor.

BACA JUGA :  Bejat, Pria di Pandeglang Perkosa Gadis Disabilitas Hingga Hamil 6 Bulan

“Kami berharap dengan ke­giatan ini pemerintah daerah bisa lebih memerhatikan Situ Gede yang memiliki potensi wisata yang pada akhirnya akan menghidupkan ekonomi kreatif warga sekitar,” katanya, Rabu (25/5/2016).

Eman menambahkan, pa­nitia menyatakan peserta be­bas dan diperuntukkan bagi umum, tetapi peserta tetap ha­rus mematuhi tata tertib serta persyaratan. Persyaratan terse­but, antara lain, peserta beru­sia minimal 15 tahun, memiliki kondisi sehat, tidak mengidap penyakit, dan harus bisa bere­nang.

BACA JUGA :  Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Sementara untuk peserta dari luar Kota Bogor harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp50 ribu. Uang ini nantinya digunakan panitia untuk penambahan pembelian ikan.

============================================================
============================================================
============================================================