Anderson-Apartemen-Supermal-SurabayaJAKARTA, TODAY– Pasokan apartemen yang dipasarkan di kota-kota besar di Indone­sia pada kuartal-I 2016 men­capai 364.585 unit. Angka ini mengalami kenaikan 20.109 unit atau sekitar 5,85 persen dibanding pasokan pada kuar­tal sebelumnya.

Kenaikan tersebut didorong proyek-proyek baru yang dilun­curkan ke pasar dalam kuartal I-2016 di beberapa kota seperti Jakarta, Bodetabek, Surabaya dan Yogyakarta. Demikian ha­sil riset Indonesia Property Market Overview yang dirilis Coldwell Banker Commercial.

Dikutip dari Rumah.com, dari total pasokan yang telah dipasarkan tersebut, sekitar 75 persen berlokasi di wilayah Jabodetabek. Sedangkan kota lain di luar Jabodetabek yang berkontribusi cukup besar terhadap pasokan apartemen adalah Surabaya dan Bandung.

Selain kota-kota tersebut, kota besar lainnya di Suma­tera, Kalimantan, dan Sulawesi hanya berkontribusi 9 persen terhadap total pasokan aparte­men di Indonesia.

Harga Rp14 Juta – Rp20 Juta

Secara umum, permintaan kumulatif sektor apartemen mengalami pertumbuhan 4,7 persen selama kuartal I yang mencapai 312.310 unit. Total unit terjual selama kuartal I-2016 tercatat 14.046 unit den­gan apartemen kelas menen­gah dan menengah-bawah sebagai kontributor utama ter­hadap penjualan.

Pasar apartemen di kota-ko­ta dengan potensi pasar sewa yang lebih baik menunjukkan pertumbuhan pengemban­gan yang lebih besar diband­ing kota-kota lainnya. Sumber permintaan sewa utama um­umnya berasal dari mahasiswa atau pekerja dikawasan indus­tri atau bisnis.

============================================================
============================================================
============================================================