Untitled-22JOSE Mourinho terkenal lebih senang menggunakan pemain-pemain ‘jadi ’ untuk memuluskan strateginya. Namun, filosofi itu nampaknya bakal sed ikit bergeser usai ia mengemban jabatan Manajer Manchester United. Terbukti, youngster The Red Devils, Marcus Rashford justru menerima kontrak anyar akibat performa i mpresifnya musim lalu di bawah kepemimpinan Louis van Gaal.

RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Jebolan akademi sepakbola United itu baru saja menandatan­gi kontrak anyar berudrasi empat tahun. Dalam klausul kontraknya, Rashford bakal menerima 25 ribu pounds (Rp497 juta) per pekan di Old Trafford.

Rashford membuat kejutan di skuad United musim lalu. Pe­main kelahiran Manchester, 31 Oktober 1997 itu mencuri perha­tian saat debut melawan Midtjyl­land pada laga Liga Europa, 25 Februari 2016 lalu.

Rashford mencetak dua gol untuk kemenangan 5-1 United di Old Trafford. Aksinya berlanjut saat United meladeni Arsenal 28 Februari 2016. Rashford kem­bali mencetak dua gol untuk ke­menangan The Red Devils 3-2.

Lalu, dia menorehkan se­jarah sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Derby Man­chester, saat berusia 18 tahun 141 hari di Etihad Stadium, 20 Maret 2016, sekaligus membawa United menang 1-0. Dia mencetak dela­pan gol untuk United dalam 18 penampilan.

BACA JUGA :  Jangan Asal! Tips Memanaskan Makanan yang Benar dan Baik, Simak Ini

“Saya senang telah menan­datangani kontrak baru. Saya selalu menjadi penggemar Man­chester United, sehingga bermain di tim pertama benar-benar mim­pi yang menjadi kenyataan,” kata Rashford seperti dikutip laman resmi klub.

“Saya bersyukur karena memiliki kesempatan mem­buktikan diri. Bermain di klub terbesar di dunia, itu berarti segalanya bagi saya dan kelu­arga,” imbuhnya.

Sementara Wakil Ketua Eksekutif Manchester United, Ed Woodward mengatakan, Marcus Rashford merupakan pemain alami berbakat dengan potensi besar.

“Dia telah memanfaatkan peluangnya dengan baik dan mampu menyatu di tim pertama dengan sangat cepat. Saya senang Rashford menandatangani kon­trak baru, dia di klub yang tepat untuk melanjutkan kariernya.”

Selain Rashford, United juga memperbarui kontrak Cameron Borthwick-Jackson hingga 2020 mendatang. Borthwick mendapat gaji lebih kecil dari Rashford, yak­ni 1.500 pounds (sekitar Rp 300 juta) per pekan.

BACA JUGA :  Lauk Sarapan Simple dengan Omelet Ayam dan Sayuran untuk Anak

Pertahankan Warisan

Dengan begini, Mourinho harus mengikuti segala tradisi Manchester United. Yakni, men­gorbitkan pemain-pemain muda untuk kemudian menjadi tulang punggung tim, yang kerap dilaku­kan sejak kedatangan Sir Alex Ferguson pada 1989.

Salah satu warisan mantan Louis van Gaal di MU adalah para pemain muda yang dipromosi dari akademi United ke skuad senior dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan di luar dugaan, beberapa pemain muda tersebut tampil mengesankan di musim 2015/2016.

Sayangnya, pemecatannya dapat menandakan berakhirnya sepak terjang para pemain muda tersebut. Hal ini disebabkan kan­didat manajer baru United, Jose Mourinho, terkenal lebih me­milih pemain senior daripada memberikan kesempatan kepada darah muda.

Hal ini terbukti saat Mourinho menangani Chelsea dan mem­buang dua pemain akademi The Blues yang kini kariernya bersinar, yakni Kevin de Bruyne (Manchester City) dan striker Romelu Lukaku yang sedang di­incar kembali oleh Chelsea untuk musim 2016/2017.

============================================================
============================================================
============================================================