alfian mujani 240PELAJARAN yang bisa diambil dari peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW adalah pembe­rian Allah selalu datang setelah ujian. Banyak kisah berkaitan den­gan Isra’. Salah satu­nya adalah terjadinya mu’jizat dan keutamaan yang diberikan kepada Rasulullah pas­ca bertubi-tubinya musibah. Kalau begitu, masih adakah alasan untuk mengeluh?

Melalui Isra’ Mi’raj, Allah menunjukkan bahwa Dia berkuasa membawa manusia dari bumi ini untuk naik ke langit dan mengem­balikannya lagi ke bumi tanpa mengguna­kan pesawat tercanggih buatan manusia. Faktanya memang teknologi paling canggih di zaman Rasulullah adalah membuat pa­tung dan pedang. Sepeda gowes belum ada, apalagi pesawat terbang.

Pengetahuan akan kekuasaan Allah seperti itu, harusnya meyakinkan kita bahwa selalu ada jalan keluar dari setiap masalah. Bahkan, bisa jadi jalan keluar itu adalah di luar imajinasi dan nalar kita. Kalau begitu, masihkah ada alasan untuk pesimis alias pu­tus asa? Lalu di mana iman dan percaya kita pada kekuasaan Allah?