HL-foto-KOZERPengumuman Penerimaan CPNS 2016, Hoax Sehubungan dengan maraknya penipuan pengangkatan Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS), Kementrian Dalam Negeri RI mengeluarkan Surat Edaran No. 800/1907/SJ.

Oleh : Yuska Apitya Aji
[email protected]

Dalam surat edaran yang ditandatan­gani oleh Sekre­taris Jenderal Ke­mentrian Dalam Negeri RI Yuswandi A. Tumenggung, disebutkan bahwa pengang­katan CPNS dilakukan secara transparan, objektif, terbuka, dan tanpa dipungut biaya.

“Apabila terdapat oknum yang menawarkan dapat mem­bantu dalam proses pengang­katan CPNS yang mengatas­namakan Kementrian Dalam Negeri dengan meminta sejum­lah uang, maka tindakan terse­but merupakan penipuan,” demikian salah satu petikan Su­rat Edaran yang ditandatangani per tanggal 24 Mei 2016 itu.

Terkait dengan surat eda­ran di atas, Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bo­gor Ida Priatni mengingatkan agar warga masyarakat senan­tiasa waspada. Termasuk dian­taranya informasi yang dikirim­kan melalui pesan WhatsApp, BBM dan sebagainya. “Infor­masinya banyak yang hoax. Jadi masyarakat harus waspada dan berhati-hati. Sekarang banyak oknum yang menga­tasnamakan orang pusat,” pesan Ida, Senin (6/6/2016).

BACA JUGA :  Kunjungi Terminal Baranangsiang, Komisi V DPR RI Cek Persiapan Angkutan Lebaran

Ida menjelaskan saat ini pemerintah masih melaku­kan moratorium terkait ke­butuhan pegawai. Hingga saat ini, pemerintah belum mengeluarkan kebijakan soal penerimaan CPNS tahun 2016. Karena itu, masyarakat ha­rus lebih waspada terhadap berbagai rumor yang beredar di sejumlah media agar tidak menjadi korban penipuan.

“Bila membutuhkan penjelasan, masyarakat dapat menghubungi BKPP Kota Bo­gor untuk mengetahui informa­si yang benar,” ingat Ida (eto)

Jadwal Turun Juli

Sementara itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Neg­ara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berencana membuka pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Juli 2016. Lowongan CPNS yang disediakan untuk tahun ini sebanyak 81 ribu kursi CPNS.

Menteri PANRB, Yuddy Chrisnandi menyatakan, pemerintah akan mulai mem­buka pendaftaran penerimaan CPNS 2016 pada Juli ini. Ke­mudian, proses seleksi atau tes rencananya dijadwalkan pada Agustus 2016, sehingga Oktober atau November ini sudah ada nama-nama peserta yang diterima sebagai CPNS.

BACA JUGA :  Ciptakan Pilkada Damai dan Kondusif, Pj. Bupati Bogor Ikuti Arahan Kemendagri RI Melalui Zoom Meeting

“Juli biasanya pengu­mumannya (pendaftaran CPNS), lalu setelah Lebaran sekitar Agustus proses rek­rutmen (seleksi), dan akhir tahun di Oktober atau Novem­ber sudah ada penerimaan (CPNS),” ujarnya, kemarin.

Diakui Yuddy, proses pendaf­taran maupun ujian CPNS 2016 baru akan dilaksanakan setelah pemerintah menghi­tung formasi kebutuhan CPNS dari seluruh instansi maupun bidang-bidang pekerjaan. Se­hingga Kementerian PANRB saat ini belum dapat mem­bocorkan jumlah lowongan CPNS yang dibuka di masing-masing instansi pemerintahan.

“Kalau sudah dihitung formasi yang benar-benar dibutuhkan, seperti ahli pen­gairan, tata kota, ahli hu­kum, ahli otonomi daerah, dan lainnya di masing-mas­ing instansi, baru dilakukan proses rekrutmen. Yang su­dah fix adalah untuk tenaga kesehatan,” jelas Yuddy.(*)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================