Untitled-1Salat lima waktu merupakan rukun Is­lam yang kedua dan sebagai tiang agama. Salat merupakan iba­dah yang diwajibkan oleh Allah swt. kepada Nabi Muhammad saw. ketika dalam perjalan­an Isra dan Miraj. Salat sebagai kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap muslim se­tiap hari.

Adapun pengertian salat ada dua, yaitu secara bahasa dan istilah. Secara bahasa, salat berarti doa. Sedangkan menurut istilah, salat adalah perkataan dan perbuatan yang dilaku­kan dengan beberapa syarat tertentu, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Ketentuan salat ditetapkan dalam syariat Islam berdasarkan Al-Quran dan contoh yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw yang tercantum dalam hadisnya. Oleh karena itu, salat diang­gap sah apabila dilakukan sesuai den­gan contoh beliau pada saat salat.

BACA JUGA :  Mayat Ditemukan di Sungai Brantas Hebohkan Warga Kampung Wisata Warna-warni Malang

Salat menempati kedudukan yang ti­dak dapat ditandingi oleh ibadah apa pun. Abu Bakar Al-Jazairi dalam kitabnya Min­hajul Muslim, mengatakan bahwa di anta­ra hikmah diwajibkannya salat itu adalah untuk membersihkan jiwa, menyucikan­nya, mengkondisikan seorang hamba untuk munajat kepada Allah swt di dunia dan berdekatan dengan-Nya di akhirat, serta melarang pelakunya dari menger­jakan perbuatan keji dan mungkar.

Salat merupakan bentuk periba­datan yang paling pokok dan utama. Rasulullah bersabda: ‘Amal hamba yang mula-mula dihisab pada hari ki­amat adalah salat. Jika selamat, maka selamatlah seluruh amalnya. Tetapi jika rusak, maka rusaklah seluruh amalnya.’ (HR. Thabrani)

BACA JUGA :  Menu Bekal dengan Balado Paru dan Tempe yang Enak dan Sedap Mudah Dibuat

Karena salat merupakan ibadah lang­sung kepada Allah swt dan mempunyai dampak kemanusiaan, maka salat harus dilaksanakan dengan khusyu dan benar. Salat juga mengandung makna pembi­naan pribadi, yaitu dapat menghindar dari perbuatan keji dan kemunkaran.

Sebagaimana firman Allah: ‘Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengin­gat Allah (salat) adalah lebih besar (keu­tamaannya dari ibadah-ibadah lain), dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.’ (QS. Al-Ankabut:45)

Wallahu a’lam.

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================