alfian mujaniSEORANG jamaah bertanya kepada ustadz tentang kisah baju Nabi Yusuf yang difirmankan dalam Alquran. Ada tiga kisah baju Nabi Yusuf. Pertama, baju Nabi Yusuf yang dilumuri darah hewan oleh saudaranya untuk kemudian dilaporkan ke ayahnya, Nabi qub, bahwa Yu­suf meninggal diterkam srigala. Kedua, baju Nabi Yusuf yang robek bagian belakangnya karena ditarik oleh Zulaikha yang mencintainya. Ketiga, baju Nabi Yusuf yang diberikan kepada Yaqub setelah lama berpisah, diusapkannya ke wajah Yaqub yang buta karena menangis, akhirnya matanya melihat kembali.

Ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari kisah di atas. Kalau kita ambil satu saja yang paling penting adalah bahwa baju itu bisa membuat orang sedih, bernafsu, dan bahagia.

Khusus bagi kaum wanita, hati-hati dengan baju. Jangan sampai baju yang dikenakan itu membangkitkan nafsu birahi kaum pria. Pilihlah baju-baju yang bisa membahagiakan dan membuat mata hati kita terbuka melihat kebenaran. Pesan ini menjadi penting disampaikan karena hari-hari ini sedang musim beli baju.