Untitled-13SAINT-DENIS– Italia sukses menggasak Spanyol 2-0 pada babak 16 besar Euro 2016 di Stade de France, Senin (27/6/2016) malam WIB. Na­mun, bagi kapten Gli Azzurri, Gianluigi Buffon, kemenangan itu bukanlah segalanya. Kare­na perjalanan menuju juara masih panjang dan berliku.

Italia melangkah ke perem­pat final usai mengandaskan juara dua edisi itu. Gli Azzurri tampil meyakinkan menang 2-0 berkat gol Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle.

Buffon menyebut, skor tersebut kurang mencermink­an jalannya pertandingan, kiper Juventus itu menilai se­harusnya Italia bisa menang lebih besar. Tapi dia juga men­gakui sejak jeda pertandingan alur pertandingan berubah, tak seperti babak pertama di mana timnya dominan dan amat mengancam.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 19 Mei 2024

“Kami menampilkan per­forma yang bagus, tapi setelah babak pertama, hasilnya kurang dari yang pantas kami dapat­kan. Kami tahu bahwa pertand­ingan bisa berubah setelah jeda paruh pertama,” ujar Buffon kepada Sky Sport Italia.

“Itu terbukti jadi perso­alannya, tapi kami tidak hanya fokus pada pertahanan. Bah­kan, kami punya sejumlah ke­sempatan untuk mengganda­kan keunggulan sebelum gol Pelle,” lanjut sang kapten.

“Setelah bertahun-tahun berisi kekalahan dari Spanyol, kami menebusnya. Oke, ini me­mang cuma pertemuan babak 16 besar, tapi ini lebih baik daripada tidak sama sekali,” tambahnya.

Kemenangan ini menjadi semacam pembuktikan dan penebusan dari Italia. Se­bab dalam tiga pertemuan sebelumnya di Piala Eropa, mereka tak pernah menang, dengan dua kekalahan dan sekali imbang. Salah satu kekalahan itu terjadi di final edisi 2012 silam dengan skor telak 0-4.

BACA JUGA :  Ada Berbagai Bazar saat Libur Waisak, Kebun Raya Bogor Diserbu Puluhan Ribu Pengunjung

“Ada jalan yang panjang dan berliku di depan kami dan tim-tim yang sangat sulit di jalur kami. Kami belum bisa mengatakan bahwa ini Piala Eropa yang bagus untuk Italia, karena kami baru di perempat­final,” katanya.

“Meski demikian, saya tak akan melupakan bahwa ban­yak yang tak terlalu mengang­gap kami sebelum turnamen dimulai. Kami sudah membuk­tikan bahwa kami sangat di­anggap remeh dan saya bang­ga akan itu,” demikian kiper Juventus ini. (Rishad/Dts)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================