Telur busuk yang populer disebut telur BS ini, biasa di­jual dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga telur yang berkualitas baik. Un­tuk harga per butirnya peda­gang eceran biasa membandrol dengan harga Rp.500 sampai Rp1500. Sementara telur layak konsumsi dibandrol Rp2000.

Bila dikonsumsi manusia, telur yang gagal menetas ini, akan mengakibatkan pusing, demam tinggi, gatal-gatal dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker usus. Hal itu dikarenakan telur busuk tersebut kaya akan bakteri.

“Namun demikian telur ini sangat baik bila dikonsumsi oleh ikan lele. Tetapi penjual­annya tidak diperkenankan disatukan dengan makanan manusia,” terang pria berkaca­mata ini.

BACA JUGA :  Kebakaran di Medan Hanguskan Ruko 3 Lantai, 3 Orang Terluka

Ia juga menyebutkan, bila pemilik telur tersebut telah melanggar undang-undang no­mor 8 tahun 1999 tentang per­lindungan konsumen. Dimana sanksi yang diamanat dari per­aturan itu, yakni 5 tahun pen­jara dengan denda sebesar Rp2 milliar.

Sekedar diketahui, temuan telur busuk juga pernah di dapat Disperindag pada Rama­dhan tahun lalu di Pasar Bogor. Pada Ramadhan tahun lalu pula, Disperindag juga menga­mankan borak, formalin, dan melamin yang beredar di pasar.

Menyikapi temuan itu, Angggota DPRD Kota Bo­gor Ence Setiawan meminta Disperindag untuk memproses hukum pemilik telur busuk tersebut. Menginggat perbua­tan yang dilakukan pemilik telah merugikan hajat hidup orang banyak. Proses hukum, lanjut dia, juga dapat memberi­kan efek jera bagi pelaku dan contoh bagi pedagang nakal lainnya untuk tidak melakukan hal menyimpang.

BACA JUGA :  Pasar Jambu Dua dan Pasar Gembrong Sukasari Dicanangkan Jadi Pasar Bersih

“Setiap warga negara memi­liki hak untuk sehat. Dan neg­ara melalui pemerintah harus melindungi kesehatan setiap warga negaranya,” tegas wakil rakyat dari Fraksi PDI Perjuan­gan ini.

Ence juga mengapresiasi temuan yang didapati Disper­indag. Dirinya berharap agar operasi dan sidak pasar terus dilakukan secara konsisten di bulan-bulan lainnya. (Patrick | Abdul Kadir Basalamah)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================