alfian mujaniTAK usah membanding-bandingkan dirimu den­gan orang lain karena hal itu akan menjadikan­mu sombong jika kau merasa lebih dari orang lain. Juga jangan mem­bandingkan milikmu dengan milik orang lain karena bisa menjadi­kanmu terjerumus pada kubangan iri dan dengki jika dirimu kurang.

Satu-satunya orang yang boleh menjadi perbandingan dengan dirimu adalah dirimu sendiri. Hasil perband­ingannya, dirimu harus lebih baik dari dirimu yang kemaren dan hari-hari sebelumnya.

Tak usah terlalu gelisah apalagi galau ka­rena badanmu gemuk atau badanmu kurus. Jalani dan terimalah apa adanya karena nanti di akhirat bukan berat badanmu yang ditim­bang, melainkan berat amalmu. Sungguh Al­lah tidak suka pada orang yang mencemaskan berat ringan timbangan badannya melebihi kecemasannya pada berat ringan timban­gan amalnya. Percayalah ukuran badanmu kurus atau gemuk, tinggi atau pendek itu bu­kan parameter kesalihan, juga bukan ciri-ciri orang baik atau orang jahat. Itu semua sema­ta-mata hanya fisikal yang kasat mata. (*)

============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR