Gandeng-UNHANBOGOR TODAY- Universitas Pertahanan (Unhan) resmi menandatangani kerja sama dengan Pemerintah Kota Bo­gor, kemarin. Kerja sama itu meliputi aspek pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Unhan I Wayan Widhio mengatakan, pen­ingkatan Sumber Daya Manu­sia (SDM) menjadi salah satu cara mengatasi permasalahan yang ada. Untuk itu, saat ini telah berlangsung pembelaja­ran lima nilai Bela Negara di SMP se-Bogor Raya oleh ma­hasiswa Unhan. Lima nilai tersebut terkait cinta tanah air, memiliki kesadaran ber­bangsa dan bernegara, meya­kini Pancasila sebagai lam­bang negara, rela berkorban setia pada bangsa negara dan memiliki kemampuan awal bela negara. “Untuk SMP su­dah berjalan, sedangkan SMA dan SMK-nya pada Juli men­datang dengan cara membuat lomba pidato dan karya tu­lis,” ujar Widhio.

Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, ada tiga hal yang membuat landasan pemikiran kerja sama ini luar biasa. Per­tama, adanya kolaborasi kerja sama dengan semua pihak termasuk Unhan. Kedua, ka­derisasi dan ketiga kontribusi yang masih sulit direalisasikan masyarakat. “Ke depan kita bisa merancang lebih konkrit dalam mengedukasi nilai-nilai bangsa yang sifatnya penting. Apalagi Pemkot juga mem­punyai sekolah karakter bagi anak SMA yang nantinya bisa dikolaborasikan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Menu Praktis dengan Udang Goreng Kelapa yang Renyah dan Manis

Bima berharap Program Bela Negara dapat menekan angka kenakalan remaja di ka­langan pelajar. Terutama aksi kebrutalan geng motor yang sudah masuk ranah kriminal yang saat ini marak terjadi. Program ini pun dapat me­nambah rasa cinta pelajar ke­pada kotanya, sejalan dengan program pembangunan kul­tur masyarakat, Bogoh Ka Bo­gor. Dalam aspek penelitian, Pemkot bertumpu pada ka­jian sosial budaya masyarakat yang rentan terhadap konflik sosial keagamaan dan ekono­mi di Kota Bogor.

BACA JUGA :  Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah Hadiri Reform Knowledge Sharing

“Saya juga berharap kemi­traan ini dapat dimanfaatkan PNS Pemkot Bogor yang ingin melanjutkan pendidikannya di Unhan sesuai dengan kebu­tuhan dinas melalui program beasiswa Unhar,” pungkas Bima.

Kesepakatan kerja sama ini akan langsung ditindaklan­juti dengan Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Pendidi­kan dengan Lembaga Peneli­tian & Pengabdian Masyarakat Unhan dalam program Bela Negara dengan sasaran SMP Negeri 20 unit, SMP Swasta 101 unit dengan jumlah murid keseluruhan 46.950. Sedang­kan, SMA Negeri sejumlah 10 unit dan SMA Swasta 42 unit dengan jumlah murid 19.894. SMK Negeri 5 unit dan SMK Swasta 94 unit dengan jum­lah murid 36.886. (Yuska Apitya/ed:Mina)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================