IMGP0124ASSEN– Seri kedelapan MotoGP 2016 di Sirkut TT Assen, Belanda rampung digulirkan pada Minggu, (26/6/2016) malam WIB. Selain di­menangkan rider satelit, Jack Mill­er, pemasok ban tunggal Michelin pun jadi kambing hitam usai sejum­lah pembalap terjatuh dalam bala­pan di bawah hujan lebat itu.

Permasalahan ban memang jadi momok tersendiri pada balapan musim ini. Sejak berganti pabri­kan dari Bridgestone tujuh musim terakhir, Michelin selalu saja dis­alahkan atas tragedi yang menimpa para rider.

Termasuk pada race kedela­pan musim ini yang berlangsung di Sirkuit Assen, berlangsung dalam keadaan hujan lebat. Trek ter­genang air dan jarak pandang ter­batas.

Baca Juga :  Indonesia Berpeluang Tambah Medali di Cabor Angkat Besi

Akibatnya, banyak pebalap yang terjatuh saat melakoni lom­ba. Setidaknya tujuh pebalap gagal menyelesaikan balapan di sirkuit berjuluk The Cathe­dral tersebut.

Hal ini pun memicu spekulasi bahwa Michelin berperan dalam insiden tersebut. Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso yang menjadi salah satu pembalap yang jatuh, mengamini hal tersebut.

“Alasan kenapa kami terjatuh adalah ban depan. Itu tidak beker­ja dengan baik dan saya percaya semua orang menggunakan ban depan yang sama dengan di bala­pan pertama pada balapan kedua,” kata Dovizioso dikutip Motorsport.

Rider Italia menilai kurang maksimalnya kinerja ban de­pan lantaran efek dari penggu­naan ban lembut di belakang. Menurut dia, cengkraman yang dihasilkan dari ban be­lakang menimbulkan masalah bagi ban depan.

Baca Juga :  Gregoria Raih Kemenangan Mudah Atas Myanmar

“Saya merasa aneh karena ada banyak pembalap terjatuh karena masalah di ban depan. Dalam banyak kesempatan di musim ini, pembalap bisa menang karena pembalap yang lebih cepat terjatuh,” ujar Dovizioso mengakh­iri.

Balapan kedelapan di Sirkuit Assen dimenangi Jack Miller disu­sul Marc Marquez dan Scott Red­ding dari Pramac. Pada balapan tersebut, sejumlah pembalap di antaranya Dovizioso, Valen­tino Rossi, Andrea Iannone, Cal Crutchlow, dan Dani Pedrosa ter­jatuh. (Rishad/Net/ed:Mina)