B8-01-062016-ArtNia S. Amira
[email protected]

Tote Bag Applique adalah keraji­nan tangan yang diaplikasikan di atas tas jinjing. Istilah Tote Bag sendiri artinya tas yang ter­buka. Dalam perkembangannya, Tote Bag biasanya dibuat dalam berbagai bentuk, ukuran dan desain yang lucu-lucu. Ada yang dibuat dalam ukuran besar, medium, maupun yang kecil dengan tambahan pegangan pada bagian atasnya.

Tote Bag yang paling umum adalah yang terbuat dari bahan kanvas atau nylon, yang pasti untuk membuat Tote Bag harus menggunak­an bahan yang kuat karena Tote Bag sering digunakan untuk membawa berbagai ma­cam barang, jadi dalam pembuatannya ha­rus memakai bahan yang sangat kuat.

Fungsi Tote Bag banyak sekali, selain dapat digunakan untuk membawa Text Book yang berat, juga bisa menjadi teman saat jalan-jalan bersama teman atau kelu­arga, yang pasti penampilan kita semakin keren dan percaya diri karena banyak wanita yang senang melihat desain-desain yang lucu dan unik yang diaplikasikan ke Tote Bag yang kita pakai.

Clementine adalah seorang wanita yang masih terlihat segar diusianya yang sudah setengah abad. Ibu dari Alif Ma­hendrajati yang sebelumnya bekerja di sebuah hotel berbintang memutuskan un­tuk memilih menjadi seorang wirausaha­wan pada tahun 2012 karena ingin fokus pada kerajinan tangan Tote Bag yang se­belumnya hanya ia lakukan sebagai pen­gisi waktu luang. Karena suka pakai tas dan menemukan passion dalam menger­jakan Tote Bag, Clementine pun belajar membuat Tote Bag sendiri dan tidak per­nah dibantu orang lain dalam menger­jakan pesanan. Pertama kali membuat pesanan Tote Bag dengan tema Legong Dancer yang di pesan seorang temannya yang membawa Tote Bag nya ke sebuah pameran di Jepang dan Tote Bag Legong Dancernya yang dijual mulai harga IDR 550 ribu itu habis terjual. Clementine pun merasa yakin bahwa pilihan karirnya adalah menjadi pengusaha Tote Bag.

Cle, demikian ia biasa dipanggil mem­berikan merek Tote Bagnya sama dengan namanya yaitu Clemetine Norma terin­spirasi oleh merek sepatu yang ia lihat di suatu mall di Jepang saat ia tinggal di negeri Sakura selama setahun. Kebetulan nama sepatu yang ia lihat di mall di Jepang itu juga memakai merek Clementine. Agar produk Tote Bag nya dapat dikenal luas, Cle rajin mengikuti pameran dan ba­zaar. Produk andalannya adalah Legong Dancer, Couple. Balerina Cat, dan Swan. Dalam sebulan, Cle dapat menghasilkan puluhan juta rupiah dari Tote Bagnya. Produk Clementine banyak diminati, baik oleh orang Indonesia maupun expatriate, untuk dipakai sendiri maupun untuk di­jadikan souvenir ke luar negeri dan para pembelinya mengatakan jika mereka san­gat bangga memakai brand Clementine Norma Indonesia.