bedug2Bulan Ramadan akan berakhir dalam waktu kurang lebih sepekan lagi. Berbagai persiapan dilakukan umat muslim untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1437 hijriah. Mulai dari ketupat sebagai makanan pokok hari raya, beragam panganan ringan, seperti nastar dan lidah kucing, hingga pakaian baru yang akan dikenakan ketika merayakan hari kemenangan itu.

Oleh : Herza

Namun, rasanya be­lum komplit meray­akan hari kemenan­gan jika tidak dengan lagu-lagu dan suara-suara khas Lebaran yang berasal dari beduk di masjid. Tanpa dis­adari, beduk merupakan salah satu pelengkap yang wajib ada ketika merayakan hari ke­menangan.

BACA JUGA :  Digadang Gantikan Bima Arya, Ini Sosok Hery Antasari Pj Wali Kota Bogor

Sama seperti ungkapan seorang pedagang beduk asal Bantarjati kepada Bogor To­day ketika disambangi di tem­patnya berdagang di daerah Jalan Pemuda, Air Mancur. “Beduk lebih penting ketika malam takbiran ketimbang petasan, lebih aman pula,” kata Eman, kepada BOGOR TODAY, kemarin.

BACA JUGA :  Tragis, Istri di Medan Tewas Tertabrak Kereta, Diduga Sedang Melamun usai Bertengkar dengan Suami

Eman sudah malang melintang dalam usaha ber­jualan beduk ini. Dimulai sejak 1990, Bapak Eman tak pernah absen dalam berjua­lan beduk ketika Ramadan tiba. Beduk yang diproduk­sinya terbuat dari kulit kamb­ing yang diambilnya di tem­pat pemotongan daging yang berada di wilayah Cibinong, Leuwiliang, hingga Sukabu­mi.

============================================================
============================================================
============================================================