daging-foto-KOZERBOGOR TODAY- Meski ter­golong pemain baru dalam penyediaan daging sapi, Peru­sahaan Umum (Perum) Bulog optimis dapat mengejar target turunnya harga daging sapi di pasaran sebesar Rp80 ribu per kilogram sebelum Idul Fitri sesuai arahan Presiden Joko Widodo ( Jokowi).

Djarot Kusumayakti, Direk­tur Utama Perum Bulog, men­gungkapkan Bulog sebagai pemain baru dalam penyedia daging sapi lokal sangat me­mahami saat ini belum memi­liki banyak penyalur seperti para agen pada umumnya.

Dia menyakini, dalam perdagangan hanya hukum da­ganglah yang terjadi sehingga dengan kualitas yang disiap­kan dan harga yang sangat ra­mah, maka akan menarik per­mintaan sekaligus penyaluran di pasaran secara merata.

BACA JUGA :  Hanya Pakai 3 Bahan Dapur Bisa Bikin Kinclong Kerak Tungku Kompor! Simak Ini

Hingga lebaran, Bulog akan menyediakan sedikitnya 3.000 ton daging sapi beku. Jenis­nya pun beragam, ada manu­facturing, fancy, dan oval. Harga penjualan dalam kisa­ran Rp75.000 sampai dengan Rp80.000 per kilogramnya.

“Sampai lebaran kami terus mencoba seluruh daging yang kita jual tidak ada yang harg­anya di atas Rp 80.000. Meski margin keuntungan yang di­dapat Bulog hanya berkisar Rp1.000 per kilogram,” kata Djarot di gudang Bulog Kelapa Gading, kemarin.

BACA JUGA :  Pengurus BPPD Kota Bogor Dilantik, Bima Arya Beri Masukan Ini

Dia mengungkapkan, dis­tribusi daging sapi beku yang dilakukan Bulog bekerjasama dengan Pemerintah Daerah. Dan yang menjadi fokus dis­tribusi ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, Jawa Barat, Lampung, Palem­bang, dan Medan.

“Untuk harga daging Rp80.000 ke bawah ada di 63 titik wilayah, seperti Jakarta ada di 21 titik, Jawa Barat 37 titik dan Tangerang 5 titik. Saat ini dari seluruh titik itu pendistribusian keluar Jawa memiliki margin keuntungan yang minus dan ditutup pen­jualan di Jawa,” ujarnya.(Yus­ka Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================