Tol Baru Siap Lintas Pemudik di Pulau Jawa memiliki be­berapa pilihan alternatif jalur mudik. Selain telah beroperasinya Jalan Tol Ciko­po-Palimanan, sejumlah ruas tol baru di pulau terpadat ini juga mulai bisa dile­wati. Di antaranya Bawen-Salatiga, Ker­tosono-Mojokerto, Solo-Ngawi, Gempol-Pasuruan, dan Pejagan-Pemalang.

“Yang bisa digunakan untuk mudik kan ada Bawen-Salatiga, Kertosono-Mo­jokerto, Solo-Ngawi, Gempol-Pasuruan, sama Pejagan-Pemalang ya,” ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna di Tol Cikopo, kemarin.

Menurutnya, tol-tol tersebut akan berfungsi secara darurat, artinya sudah bisa dilewati dan terdapat rambu-rambu lalu lintas. “Belum (100%) masih darurat, namun bisa dilintasin dan nggak bahaya, karena dikasih rambu-rambu, yang sudah siap cuma satu yakni kita mau peresmian (Pejagan-Brebes Timur),» tutur Herry.

BACA JUGA :  Lauk Sarapan Simple dengan Omelet Ayam dan Sayuran untuk Anak

Ia juga menambahkan, ruas tol Sema­rang-Solo juga telah siap digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini. “Di Semarang-Solo disiapin 2 lajur, 2 lajur 1 arah pas lagi mudik ke arah mudik semua, arus balik juga begitu 2 lajur arus balik semua,” un­gkap Herry. Demi menghindari kepadatan kendaraan di gardu-gardu tol selama mudik lebaran 2016, Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (BPJT Kement­erian PUPR) melakukan uji coba integrasi sistem pembayaran. Integrasi sistem pembayaran dilakukan pada ruas tol Ja­karta-Palimanan dan Kanci-Pemalang.

BACA JUGA :  Menu Tanggal Tua dengan Tumis Buncis dan Tempe yang Nikmat Dimakan Bareng Keluarga

Menurut Herry, integrasi ini mem­buat para pengendara yang asal dan tu­juan perjalanannya meneruskan, hanya perlu melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol tujuan.

Adapun mekanisme transaksinya akan dilakukan dalam dua cara, yakni selama arus mudik dan arus balik. Un­tuk jalur keluar Jakarta atau arus mudik, pengguna jalan akan mengambil Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME) di Ger­bang Tol (GT) Cikarang Utama 1 dan me­nyerahkannya sekaligus melakukan pem­bayaran transaksi tol di GT Palimanan untuk ruas Klaster I. (Yuska Apitya Aji)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================