Untitled-1Empat mahasiswi Program Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat celana dalam (CD) perempuan yang sehat dan ramah ling­kungan. Celana dalam itu dibuat untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita.

FUNGSI lainnya dari celana dalam buatan Anita In­driani, Ajeng Tri Octavia, Endang Fitri H, dan Laela Wulandari adalah meminimalisir pence­maran lingkungan, menghemat biaya, dan waktu pemakaian pembalut sekali pakai. “Mereka menciptakan celana antipembalut,” kata dosen pembimbing Ika Resmeiliana, Kamis (23/6/2016).

BACA JUGA :  Resep Membuat Rendang Jengkol yang Gurih Renyah dan Mantap

Ika menjelaskan, mahasiswin­ya membuat celana antipem­balut berbahan dasar kain mi­crofleece, microfiber, water proof braethable (polyure­thane laminated), dan kain serat bambu. Menurut Ika, bahan-bahan tersebut bersifat antibakteri yang mudah me­nyerap dan tidak mengand­ung bahan kimia berbahaya.

Celana tersebut dapat dipakai sehari-hari seperti hal­nya celana dalam biasa dan saat menstruasi. “Celana ini juga dapat dicuci dan dipakai kembali,” ucap Ika.

Menurut Ika, dengan me­makai celana tersebut pe­makaian pembalut dan lim­bah bisa berkurang sehingga tidak merusak lingkungan. Ika menjelaskan, limbah pembalut sekali pakai terbuat dari plastik sehingga sulit terdegradasi.

BACA JUGA :  Menu Makan Spesial dengan Nasi Goreng Kari Cumi yang Lezat dan Sedap

Celana tersebut juga mencegah berbagai penyakit yang timbul dari pembalut sekali pakai. “Celana ini tetap kering dan nyaman dipakai saat menstruasi. Cairan da­rah terserap ke dalam lapisan pertama celana. Lapisan per­tama berbahan kain micro­fleece yang bersifat lembut dan mudah menyerap cai­ran,” ungkap Ika.

============================================================
============================================================
============================================================