cid_B9D013D3-9034-4CD9-8312-EF55C518EA5E@Home London, Today – Kawasaki men­gumumkan akhir produksi dari Kawasaki W800. Pabrikan asal Jepang itu menandainya dengan meluncurkan W900 Final edition (edisi terakhir) di Eropa.

Seperti diberitakan laman Mo­torcycle, Kamis (2/6/2016), motor itu harus berakhir produksinya karena standar emisi Euro4 yang baru diterapkan.

“Tidak mudah untuk mengu­capkan selamat tinggal kepada sa­habat lama, terutama yang ikonik seperti W800 ini. Memberikan penghormatan kepada seri W den­gan edisi terakhir ini merupakan akhir yang benar-benar pas untuk lineup seri ini,” kata Direktur Per­encanaan Perusahaan Kawasaki Motor Eropa, Morihiro Ikoma.

Kawasaki W800 Final Edition ini akan tersedia dalam jumlah terbatas untuk konsumen Eropa. Motor ini hadir dengan warna Candy Brown dan Candy Sunset Orange.

Motor ini menggunakan mesin silinder kembar berpendingin udara dengan kubikasi 773 cc. Mesin itu hadir dengan konfigu­rasi crankshaft 360 derajat dan bevel gear-driven camshaft.

Mesin dikawinkan dengan transmisi manual lima percepa­tan. Tenaga dari mesin itu bisa mencapai 47 daya kuda dengan torsi 60 Nm.

Motor ini dilengkapi dengan knalpot peashooter, pelek jari-jari, jok berpola dan fender baja berlapis krom. Secara keseluru­han, motor ini masih menampil­kan gaya retro.

Garpu depan menggunakan tel­escopic 39mm. Sementara suspen­si belakang terdapat dua peredam kejut dengan five-way preload ad­justment suspend. Untuk urusan pengereman, rem depan meman­faatkan rem twin piston kaliper dengan piringan 300 mm dan di belakang dengan piringan 160 mm.

W800 mengakhiri lineup seri W dari Kawasaki. Meski begitu, Kawasaki diperkirakan bakal tetap menawarkan motor-motor retro lainnya. Pabrikan asal Jepang itu telah mengajukan nama paten Z900RS yang dipercaya men­jadi nama motor retro terbaru­nya. (Calviano/NET)